Ambisi Singapura Hijaukan Negeri

Sempat tak lagi berfungsi, jalur kereta tua Singapura yang pernah dipensiunkan pemerintah pada 2011, kini akan dibuka lagi. Namun bukan sebagai jalur kereta, tapi sebagai jalur hijau terbesar yang pernah ada di Asia.

Terbentang sepanjang 24 kilometer, jalur ini nyaris menghubungkan kawasan utara dan selatan pulau dan akan menjadi jalur hijau terpanjang yang pernah ada di kawasan regional ini.

Jalur kereta bernama Rail Corridor ini dulunya menghubungkan Singapura dengan kawasan perbatasan Malaysia yang dimulai dari stasiun Tanjong Pagar yang berlokasi di selatan Singapura.

Sejak ditutup pada 2011, stasiun Tanjong Pagar pun dipindah ke Woodland di kawasan utara Singapura.

foto: cnn.com

Kini jalur kereta tua ini akan dipugar dan dialihfungsikan menjadi jalur hijau berupa taman yang dirancang serupa High Line – jalur hijau di New York – hanya saja dengan ukuran 10 kali lebih luas.

“Ini kesempatan unik bagi kami untuk membangun ruang publik yang istimewa,” papar Tan See Nin, Direktur Perencanaan dari Singapore’s Urban Redevelopment Authority.

Saat ini, pengembang dari Jepang, Nikken Sekkei dibantu tim desain lokal bernama Tierra Design berhasil memenangkan rancangan untuk jalur hijau ini dengan konsep bernama “Lines of Life”.

 

 

 

foto: cnn.com

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s