Istanbul Bangun Bandara Terbesar di Dunia

Istanbul sedang mempersiapkan bandara baru yang diklaim sebagai bandara terbesar di dunia. Menyediakan enam jalur runway, melayani 350 destinasi, dan menampung 200 juta penumpang per tahun, pengerjaan bandara ini dianggap sebagai proyek pembangunan terbesar yang pernah ada di Turki.

Direncanakan resmi beroperasi pada 2018, bandara ini memiliki gedung terminal seluas 1,3 juta meter persegi yang bersemayam di bawah satu atap.

Interiornya mengadopsi gaya budaya setempat dengan motif yang didominasi kesenian Islam.

Bagi yang ingin mencari oleh-oleh, pihak bandara juga menyediakan zona duty free dengan luas mencapai 53.000 meter persegi. Sediakan waktu khusus untuk belanja karena zona ini akan dipenuhi oleh 400 gerai dari berbagai brand ternama internasional.

Tak sekadar bandara yang melayani penumpang, pihak pengembang merancang tempat ini sebagai ‘airport city’ di mana di dalamnya terdapat perkantoran, hotel, masjid, dan gedung pertemuan.

 

Berlomba membangun bandara

Tapi tampaknya Istanbul tak sendirian. Mexico City juga sedang mencanangkan mega proyek pembuatan bandara baru dengan kapasitas 50 juta penumpang saat nanti beroperasi pada 2020. Tak sampai di situ, tahap kedua bandara Mexico City diklaim akan mampu menampung 120 juta penumpang saat pembangunan bandara benar-benar selesai pada 2062.

Tiongkok pun turut mengembangkan bandara baru dengan teknologi paling mumpuni di Chongqing Jiangbei International Airport Terminal 3A. Tak ketinggalan, bandara Changi di Singapura diam-diam juga sedang mengembangkan kapasitas dan teknologi bandaranya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s