Leonardo DiCaprio Garap Eco-Resort di Lepas Pantai Belize

source: shopswindows.com
source: shopswindows.com

Aktor terbaik Academy Awards 2016 Leonardo DiCaprio yang akhirnya meraih piala Oscar lewat perannya di film “The Revenant” rupanya berencana menggarap sebuah resor ramah lingkungan di lepas pantai Belize.

Resor bernama Blackadore Caye ini akan berdiri di atas sebuah pulau tak berpenduduk seluas 42 hektar di tengah-tengah samudra Atlantik tak jauh dari Belize Barrier Reef. Pulau ini dibeli DiCaprio tahun 2015.

“Pulau tersebut benar-benar bagaikan surga dunia,” ucap DiCaprio seperti dikutip dari NYTimes.com.

Untuk menggarap Blackadore Caye, DiCaprio kini sudah berkolaborasi dengan Paul Scialla, Chief Executive dari Delos, perusahaan pengembang properti yang berpusat di New York untuk bersama-sama membangun resor ramah lingkungan di pulau tersebut.

Rencananya, pulau yang bertajuk “Blackadore Caye, a Restorative Island” ini akan memanjakan para tamu yang menginap di sana dengan bangunan resor yang mewah, vila yang luas, kolam renang infinity, dan pemandangan senja yang menakjubkan. Pulau itu dibeli oleh DiCaprio senilai 1,75 juta dollar Amerika.

Meski memiliki pemandangan laut lepas yang mempesona, selama ini pulau tersebut sudah mengalami eksploitasi alam seperti penangkapan ikan berlebih, pengikisan bibir pantai, dan pembabatan hutan bakau. Oleh sebab itulah DiCaprio bersama partner bisnisnya, Jeff Gram pemilik Cayo Espanto Island Resort, tertarik untuk tak hanya membangun resor mewah, tetapi juga merevitalisasi pulau tersebut.

source: mnn.com
source: mnn.com

68 vila mewah yang dibangun di Blackadore Caye akan berdiri di atas pondasi melengkung yang membentang di atas laut dengan terumbu karang buatan yang dibangun di bawahnya sebagai tempat ikan-ikan berlindung.

Sebuah pusat pembibitan rumput laut juga akan dibangun di Blackadore Cay untuk mendukung konservasi ikan duyung. Pohon bakau juga akan kembali ditanam untuk meredam terjadinya abrasi. Sebuah tim khusus yang terdiri dari desainer, peneliti, arsitek lanskap, dan insinyur yang sudah meneliti Blackadore Caye selama 18 bulan akan terus memonitor perkembangan restorasi pulau tersebut.

“Saya tak mungkin begitu saja pergi ke Belize dan membangun resor di atas sebuah pulau jika saya tidak melihat proyek ini dapat menjadi terobosan di bidang lingkungan hidup,” ujar DiCaprio.

Tamu yang menginap nantinya bisa mencapai Blackadore Caye dengan menumpang kapal cepat selama 45 menit dari Philip S. W. Goldson International Airport di kota Belize atau menyeberang dengan kapal 15 menit saja dari San Pedro, kota besar terdekat dari lokasi resor. Rencananya Blackadore Caye akan mulai beroperasi menerima tamu tahun 2018.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s