Jelajah Kuliner Singapura? Nikmati 9 Street Food Ini

Saat orang tergiur dengan ikon-ikon megah Singapura, KF Seetoh – pakar makanan jalanan Singapura – justru memuaskan hasratnya dengan mempelajari makanan jalanan Singapura yang kaya ragam. Sejak 1996, pria humoris penggagas situs makansutra.com ini mendedikasikan dirinya untuk mengenal negerinya sendiri melalui makanan jalanan.

Jadi, bila ingin mencoba hal baru di Singapura selain ber-selfie di sisi Merlion atau di trotoar Orchard, cobalah kuliner jalanan rekomendasi KF Seetoh ini:

Bak chor mee

Tentu saja menu ini penuh kalori. Tapi siapa yang peduli? Mi yang dimasak dengan potongan cabai, saus soya, bola daging, daging babi dengan taburan kentang goreng garing dan potongan ikan ini tak pernah membuat restoran Hill Street Tai Wah Pork Noodles – penjual menu ini – kesepian pelanggan. Bahkan pelanggan harus antre setidaknya 45 menit untuk bisa mencicipi seporsi bak chor mee.

Where to eat? Hill Street Tai Wah Pork Noodles, Blk 466 Crawford Lane, 01-12, buka setiap hari 9:30-19:00, tutup setiap Senin minggu pertama dan ketiga tiap bulannya.

foto: cnn.com

 

Chili crab

Publik Singapura tampaknya harus berterima kasih pada Mr. Hooi yang menemukan racikan istimewa bernama Chili crab pada 1950-an. Makanan yang sukses membuat koki selebriti Gordon Ramsay jatuh cinta pada Singapura ini kini dianggap sebagai kuliner nasional. Awalnya makanan ini ditemukan oleh juru asak bernama Mr. Hooi, yang meramu masakan ini dari kepiting Srilanka yang dimasak dengan sambal, daging dan jeruk nipis yang kemudian dicampur telor sebelum diangkat dari wajan.

Where to eat? Dragon Phoenix Restaurant, 177A River Valley Road, Level 6, buka Senin – Sabtu, jam 11:00 – 15:00, dan 18:00 – 23:00, Minggu dan hari libur: 10:00 – 16:00 dan 18:00 – 23:00.

foto: itoday.com
foto: itoday.com

 

White pepper crab

Dimasak dengan temperatur tinggi, menu yang tak kalah lezat dari chili crab ini memakai bubuk lada putih, minyak wijen, saus ikan dan oyster yang kemudian ditaburi bawang. Presenter televisi Amerika yang juga seorang chef, Rick Bayless, menyebut menu ini sebagai “hidangan terbaik yang pernah ditemui”.

Where to eat? Mattar Road Seafood. Blk 51, Old Airport Road (Food Centre), stall 01-63, buka setiap hari, 15:00-23;00. (kecuali Selasa dan Rabu)

foto: thebestsingapore.com
foto: thebestsingapore.com

 

Cze cha duck roll

Restoran Ho Yong meracik makanan ini dengan daging bebek yang digulung bersama potongan udang, kuning telur asin, daging babi cincang, ketumbar, dan jamur yang digoreng garing hingga menimbulkan rasa renyah saat di mulut. Hidangan ini paling cocok dinikmati dengan mayonais atau sambal.

Where to eat? Hoy Yong Seafood Restaurant, Blk 352, Clementi Ave 2, 01-153, buka setiap hari 17:30 – 22:30, tutup pada Kamis di minggu terakhir tiap bulannya.

foto: cnn.com
foto: cnn.com

 

Bali nasi lemak

Makanan yang aslinya terkenal di Malaysia ini juga populer di Singapura. Menyajikan seporsi nasi gurih yang dihidangkan bersama sayur lodeh dengan kuah santan yang kental, kuliner ini menjadi salah satu favorit di kawasan Geylang.

Where to eat? Bali Nasi Lemak, 2 Geylang Lorong 15, buka setiap hari, jam 17:30 – 04:00.

foto: cnn.com
foto: cnn.com

 

Baca juga: Ini Alasan Gordon Ramsay Jatuh Cinta pada Singapura

Sup tulang

Awalnya tulang kaki sapi hanya digunakan untuk penguat kaldu. Namun perlahan tulang-tulang ini menjelma menjadi hidangan utama. Mirip dengan sop konro di Makassar, menikmati hidangan ini harus menggunakan sedotan untuk mengambil sumsum yang ada dalam tulang. Hanya saja sup tulang Singapura ini dimasak dengan banyak saus tomat hingga warnanya jadi merah segar.

Where to eat? MA Deen Biasa, 95, Jalan Sultan, buka setiap hari, jam 14:00 -05:00.

foto: davegtravel.com
foto: davegtravel.com

 

Laksa Sungei Road

Setidaknya penyebaran laksa juga terasa di Indonesia dan Malaysia meski tiap daerah punya ciri sendiri-sendiri. Laksa Sungei Road tak akan mengecewakan penikmatnya karena menu Peranakan ini terasa segar dengan kuah kari yang kental, dengan lengkuas, bihun, bawang merah, cabai, dan aneka potongan hidangan laut di dalamnya. Penyajiannya biasanya dengan ditaburi ketumbar.

Where to eat? Sungei Road Laksa, Blk 27, Jalan Berseh, buka setiap hari, jam 9:30 – 17:30  (tutup setiap Rabu pada minggu pertama dan ketiga)

foto: sethlui.com
foto: sethlui.com

 

Baca juga: Singapore Airlines Sambut Airbus A350

Mi kuah Opeh

Penampakannya memang tak cantik, mungkin karena begitu banyaknya campuran yang ada dalam porsinya. Mulai daging sapi, udang, ayam, sayuran, hingga potongan halus daging kambing pun ada dalam mangkuk berkuah segar ini.

Where to eat? Mamu’s Kitchen Mee Kuah Opeh, 1 Bedok Road (Food Centre), stall 25, buka setiap hari, jam 01:30 -21:00.

foto: cnn.com
foto: cnn.com

 

Mi goreng udang Hokkien

Menu hasil kreasi dari dapur rumahan ini menyajikan dua jenis mi (tebal dan tipis) yang digoreng dengan aneka hidangan laut, saus soya, dan potongan daging babi. Dihidangkan panas dengan dengan taburan bawang untuk memperkuat rasa.

Where to eat? Nam Sing Fried Hokkien Mee, 51 Old Airport Road (food centre), stall 32, buka setiap hari, jam 11:00 – 19:00.

foto: aromacookery.com
foto: aromacookery.com

 

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s