8 Hotel Unik di Bali ini Usung Konsep Ramah Lingkungan

 

Selain kemewahan dan kenyamanan, banyak hotel kini mengusung konsep ramah lingkungan (green living) untuk merespon maraknya isu perubahan iklim yang kian mengancam. Kini green living tak sekadar jadi wacana, tapi juga merupakan nilai jual yang potensial bagi resor dan hotel terbaik di Bali.

Ini delapan di antaranya:

Swiss-Belhotel Rainforest

Dikenal juga dengan brand Swiss-Belhotel Kuta, Swiss-Belhotel Rainforest menghadirkan suasana hutan tropis di dalam bangunannya. Dipenuhi pepohonan teduh dan taman gantung yang mengelilingi hotel, suasana inilah yang membuat tamunya merasa nyaman saat memasuki lobi. Meski berlokasi di Kuta yang hingar-bingar, namun konsep hutan tropis di sini sukses membius para tamu untuk merasa tenang selama menginap

(Jl. Sunset Road No. 101, Kuta, 03618465680)

 

Nandini Jungle Resort & Spa Bali

Lokasinya terpencil di tengah hijaunya lereng Sungai Ayung yang teduh di Ubud. Udara segar langsung terasa saat memasuki resor yang dibangun dengan material alami dan dikelilingi sawah ini. Selain bisa menikmati pemandangan rindang dari vila mewahnya, bersantai di kolam, dan menikmati spa, berjalan-jalan di sekitar resor juga menyenangkan. Penghuni bebas menggunakan sepeda, menggunakan shuttle ke pusat Ubud, menikmati sajian afternoon tea, ikut kelas meditasi di pagi hari dan menikmati welcoming massage selama 15 menit.

(Susut Buahan, Payangan, Ubud, 0361982777)

Baca juga:

Alila Villas Uluwatu

Memiliki konsep sebagai hunian harmoni selaras alam, Alila Villas Uluwatu adalah resor pertama di Indonesia yang menerima penghargaan bergengsi dari EarthCheck, sebuah lembaga penilaian di bidang travel yang memfokuskan pada pengelolaan sistem air dan penggunaan barang-barang daur ulang untuk properti.

(Jl. Belimbing Sari, Desa pecatu, 02618482166)

 

The Samaya Ubud

Lokasi vila ini berada di tengah rimbunnya alam Ubud. Dirancang khusus agar penghuninya merasa menyatu dengan alam sekitar, selain menerapkan kebijakan ramah lingkungan berdasarkan sertifikat Green Globe yang diterapkan untuk para tamu. Propertinya dirancang untuk hemat energi, dan menghimbau para tamunya untuk me-reuse handuk, serta melatih stafnya untuk terus konsisten pada kebijakan ramah lingkungan.

(Banjar Barung, Desa Sayan, 0361973606)

 

Maya Ubud Resort

Konsep ramah lingkungan telah menjadi perhatian utama resor ini dengan menerapkan kebijakan berdasarkan sertifikasi Green Globe. Melestarikan sumber keanekaragaman hayati, ekosistem, dan mereduksi polusi adalah beberapa kebijakan yang diterapkan manajemen resor ini. Dalam jangka pendek, resor ini juga berkomitmen untuk konsisten pada pemberdayaan warga lokal, mendukung perdagangan lokal, dan berpartisipasi dalam program penanaman pohon.

(Jl. Gunung Sari Peliatan, Ubud, 0361977888)

Baca juga:

Vila Awang Awang

Bersemayam di lereng Sungai Petanu, Desa Melayang, hunian yang dibangun pada 2005 oleh arsitek Bali Ir. Ida Bagus Wiadnyana ini dikelilingi pemandangan sawah terasering yang menakjubkan. Perabotan antiknya didatangkan dari Lombok, Jawa dan Bali serta tiap kamarnya dilengkapi dengan kipas angin dan angin lembut alami dari sungai di dekatnya.

(Pejeng Kaja, Tampaksiring, Gianyar, 03618987845)

 

Ubud Green Resort Villas

Resor ini berusaha menerapkan kebijakan ramah lingkungan secara maksimal, termasuk merancang griya dengan material eco-friendly. Dinding, atap dan lantai dirancang agar ruangan di dalamnya tetap sejuk dan meminimalkan penggunaan pendingin ruangan. Air panasnya pun menggunakan tenaga matahari dan tak boros listrik.

(Jl. Sriwedari No. 8, Ubud, 03619000555)

 

The Samaya Seminyak

Resor ini pernah meraih penghargaanWorld Luxury Hotel. Kebijakannya yang berpihak pada lingkungan juga menghantarkan The Samaya Seminyak pada penghargaan sertifikasi Green Globe yang menjamin operasional resor ini tetap berkomitmen pada konsep ramah lingkungan yang berkelanjutan.

(Jl. Laksamana, Seminyak, 0361731149)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s