Tema Sufi di BaliSpirit Festival 2016

Pujiastuti Sindhu sepintas terlihat seperti muslimah biasa. Mengenakan hijab sederhana berwarna cokelat, wanita yang ternyata praktisi Sufi dan instruktur yoga ini bicara banyak soal hubungan yoga, Islam, dan keterlibatannya di ajang BaliSpirit Festival 2016.

“Saya sering dipojokkan. Mereka bilang yoga itu haram, tapi saya justru mengenal shalat yang khusuk dari belajar yoga,” jelas wanita pendiri Taman Sufi ini.

Mendalami ilmu yoga selama 20 tahun, Pujiastuti memperkenalkan yoga hatha-yin. Salah satu aliran yoga yang mengajak pelakunya untuk melakukan-gerakan-gerakan spiritual dalam tempo lambat.

“Intinya adalah berserah diri pada Allah. Gerakan-gerakan yoga ini mengajak kita untuk lebih menyerahkan tubuh dan hati pada Allah,” papar Pujiastuti.

Noviana Kusumawardhani, Media Manager BaliSpirit Festival, menjelaskan bahwa dibanding BaliSpirit Festival tahun-tahun sebelumnya, festival kali ini akan berbeda karena akan mengangkat tema Sufi di dalamnya.

“Kami mencemaskan berkembangnya isu Islamophobia yang menyudutkan Islam sebagai teroris. Di kesempatan inilah kami ingin sampaikan bahwa Islam itu damai,” kata Noviana di acara jumpa media BaliSpirit Festival di Plataran Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (17/3/2016).

BaliSpirit Festival 2016 akan digelar pada 29 Maret – 3 April 2016 di Bhanuswari Resort & Spa, Ubud. Lebih dari 200 kelas yoga harian, meditasi, kelas penyembuhan, pentas musik dan tari akan meramaikan festival yang sudah diakui sebagai salah satu festival holistik terbesar di dunia saat ini.

Selain kelas yoga, BaliSpirit Festival juga menggelar Dharma Fair, sebuah pasar rakyat yang menjual suvenir dan bahan-bahan makanan organik hasil bumi dari warga setempat. Selain hadirnya panggung musik ‘One World One Stage’ yang akan diisi oleh para musisi dunia dan Indonesia. Meski akan menampilkan musik dari banyak genre, namun pesan yang ingin disampaikan di panggung ini tetap sama, yaitu: kedamaian, cinta, dan kebaikan.

Barasuara, salah satu grup musik Indonesia yang dimotori Iga Massardi (gitar, vokal), Marco Steffiano (drum), Asteriska (vokal), Gerald Situmorang (bass), TJ Kusuma (gitar), dan Puti Chitara (vokal) juga akan turut meramaikan BaliSpirit Festival 2016.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s