10 Perjalanan Kereta Api Mewah di Dunia

Bila tak sedang terburu-buru mengejar daftar destinasi, kereta api biasanya menjadi pilihan terbaik untuk menikmati perjalanan. Konon banyak penulis perjalanan tersohor justru melahirkan karya-karya agungnya melalui perjalanan panjang dengan kereta api.

Beberapa operator pun kini berlomba untuk menghadirkan pengalaman terbaik menjelajahi daratan dengan kereta api yang menawarkan banyak fasilitas termasuk fasilitas mewah. Berikut adalah 10 di antaranya:

The Rocky Mountaineer: Banff – Vancouver

Mengandalkan kelas Golden Leaf Service yang memanjakan penumpang dengan gerbong dua tingkat, ruang makan eksklusif, makanan hangat, komplimenteri kudapan dan minuman, serta akomodasi nyaman, kereta ini menjalani salah satu rute klasik di Amerika Utara, yaitu: Banff ke Vancouver. Waktu terbaik melakukan perjalanan dengan kereta ini adalah September hingga pertengahan Oktober untuk dapatkan suasana romantisnya, meski banyak wisatawan naik kereta ini pada saat musim panas. (Harga mulai US$ 1.309 per orang)

 

The Transcantabrico Gran Lujo: San Sebasatian – Santiago de Compostela

Berjalan dengan kecepata rendah di sepanjang garis pantai Samudera Atalntik, kereta ini menawarkan desain interior gerbong yang mewah da restorasi mewah yang menyediakan wine dan kudapan sepuasnya selama kereta berjalan. Meski rute perjalanannya tak jauh, tapi karena keeta ini berhenti di berbagai tempat maka tak ada salahnya untuk sekadar jalan-jalan dan menikmati cantiknya setiap daerah yang dilewati kereta ini. (Harga mulai US$ 4.859 per orang)

 

Maharaja’s Express: Delhi – Mumbai

Sering juga dijuluki “Orient Express of the Orient” kereta ini memuat nuansa kemegahan dan kemewahan, mengacu pada masa kejayaan Maharaja yang sering bepergian dengan kereta mewah. Interior bergaya kolonial dihadirkan di semua gerbongnya sehingga kamar-kamar dalam kereta ini lebih menyerupai rumah mewah daripada sebuah kereta api. (Harga mulai US$ 3.950 per orang)

 

The Canadian: Toronto – Vancouver

Perjalanan selama empat hari kereta ini akan menempuh jarak sepanjang 4.466 kilometer dengan suguhan pemandangan indah mulai dari Toronto hingga Vancouver. Gerbongnya dilengkapi dengan kamar-kamar mewah berkelas Deluxe dengan kudapan lezat yang sudah termasuk dengan harga paket perjalanan. Fasilitas lainnya adalah shower di toilet, dan minibar yang dilengkapi minuman alkohol. (Harga mulai US$ 2.891 per orang)

 

Rovos Rail: Afrika Kawsan Selatan – Afrika Kawasan Timur

Menghubungkan beberapa negara, seperti Afrika Selatan, Zimbabwe, Namibia dan Tanzania, kereta ini berjalan lebih lambat dengan maksud agar penumpangnya bisa lebih menikmati pemandangan alam liar khas Afrika selama perjalanan. Dilengkapi kamar-kamar mewah, penumpang kereta ini bahkan bisa membuka jendela untuk melihat langsung kehidupan liar Afrika karena kecepatan kereta ini tak pernah lebih dari 60 kilometer per jam. (Harga mulai US$ 1.504 per orang)

 

Venice Simplon Orient Express: London – Venezia

Terinspirasi dari kisah “Murder on the orient Express” karya Agatha Chrsitie, perjalanan kereta ini menggabungkan romantisme dan petualangan. Melalui kota-kota indah di Eropa, seperti London, Paris, Innsbruck, Verona, dan Venezia, penumpang akan dibawa ke dalam nauansa kemegahan Eropa dengan interior bergaya klasik. (Harga mulai US$ 3.342 per orang)

 

Golden Eagle: Moskow – Vladivostok

Konon belum sah sebagai pecinta kereta api bila belum menjajal jalur Trans-Siberia yang legendaris, di mana penumpang akan melewati delapan daerah waktu. Golden Eagle memberikan pilihan untuk penumpang yang ingin menikmati sensasi perjalanan selama dua minggu tersebut dengan fasilitas mewah, seperti layanan laundry, AC saat musim panas, dan pemanas ruang saat musim dingin, pemain piano yang menghibur penumapng, dokter berbahasa Inggris, hingga televisi. (Harga mulai US$ 15.895 per orang)

 

 

Blue Train: Pretoria – Cape Town

Menjelajah kawasan Afrika Selatan selama 27 jam dengan jarak 1.600 kilometer, kereta elegan ini akan mampir di pertambangan intan, Kimberly. memiliki staf ramah yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun, penumpang bisa menghubungi butler selama 24 jam untuk berbagai layanan termasuk memesan makanan dan menyetrika pakaian. Beberapa kamar mewahnya memuat bathtub yang memungkinkan penumpang bisa berendam sambil menikmati pemandangan di luar. Nelson Mandela, Quincy Jones, Paul Simon, Mia Farrow, Kylie Minogue, dan Margareth Tatcher pernah menjadi penumpang kereta ini. (Harga mulai US$ 976 per orang)

 

The Ghan: Adelaide – Darwin

Perjalanan tiga hari dengan jarak 2.979 kilometer ini membawa penumpang untuk menjelajahu benua Australia yang eksotis. Layanannya menawarkan gerbong mewah berukuran luas dengan akses ke ruang makan, sarapan di kamar, dan menu five-course meal. Menunya mengandalkan masakan lokal, seperti ikan baramundi, dan fillet daging kanguru. (Harga mulai US$ 2.637 per orang)

 

 

Seven Stars: Kyushu

Kereta termewah di Jepang ini hanya membawa 30 penumpang yang terbagi dalam 14 suite elegannya. Interiornya bernuansa tradisional Jepang yang didominasi dengan struktur kayu maple dan kertas shoji yang menjadi penutup jendela. Kereta ini menawarkan dua pilihan itinerary, yaitu dua hari perjalanan yang mengitari Fukuoka, dan empat hari perjalanan yang mengelilingi Jepang Selatan. (Harga mulai US$ 2.271 per orang)

 

Foto: cnn.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s