Singapore Airlines Rencanakan Penerbangan Terpanjang di Dunia

Sempat memecahkan rekor dengan rute penerbangan langsung terpanjang di dunia (Singapura – New York), Singapore Airlines akhirnya harus menutup rute tersebut pada 2013. Kini dengan hadirnya armada-armada teranyar yang lebih canggih, rencana untuk kembali menorehkan rekor penerbangan terpanjang pun siap diwujudkan lagi.

Sejak berhentinya rute Singapura – New York pada 2013, beberapa maskapai dunia pun mencoba mengambil rute penerbangan langsung terpanjang di dunia. Dan kini Emirates adalah salah satu maskapai yang memiliki penerbangan langsung terpanjang di dunia dengan waktu 17,5 jam (Dubai – Panama City) bersama Air India dengan waktu penerbangan 18 jam (Delhi – San Fransisco). Namun tampaknya rekor rute dua maskapai ini tak akan bertahan lama, karena Singapore Airlines kini telah menyiapkan penerbangan langsung selama 19 jam (Singapura – New York) yang rencananya diluncurkan pada 2018.

Baca juga: Singapore Airlines Rayakan Kehadiran Airbus A350

Dengan armada terbarunya Airbus A350, Singapore Airlines saat ini telah memesan 67 unit dan tujuh di antaranya adalah tipe A350-900ULR (Ultra Long Range). Pesawat tercanggih ini dilengkapi dengan teknologi sistem bahan bakar yang telah dimodifikasi. Menurut pihak Airbus, A350-900ULR telah dirancang untuk mampu membawa bahan bakar lebih banyak, mampu take-off secara maksimum dan memiliki rancangan aerodinamik yang memungkinkan terbang lebih jauh.

Sebelumnya Singapore Airlines pernah menjalani rute non-stop ini menggunakan Airbus A340-500 dan sempat menjadi idola para pecinta dunia penerbangan dan pejalan bisnis, sebelum akhirnya maskapai harus mengakhirinya pada 2013 karena operasional yang kurang efektif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s