Lonely Planet Nobatkan Pemuteran Salah Satu Destinasi Terbaik di Asia 2016

Setelah Labuan Bajo, Raja Ampat, Nihiwatu (Sumba) dan Pulau Nikoi (Bintan) sukses menorehkan  reputasi internasional,  sekarang saatnya Pemuteran (Bali) yang mengukir prestasinya.

Kawasan yang terkenal dengan terumbu karang hasil teknologi biorock itu makin mendunia setelah Lonely Planet menempatkan Pemuteran, Bali, di posisi tujuh dalam kategori Top 10 Lonely Planet’s Best in Asia 2016.

“Kami senang karena Pemuteran semakin mendunia. Ini benar-benar sangat membanggakan,” terang Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bali, Anak Agung Gede Yuniartha pada Kamis (14/7).

Baca juga: Pahlawan Pariwisata Desa Pemuteran Bali

Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Bali, I Ketut Ardana, bahkan berani menjamin keasrian kawasan yang berada 200 kilometer dari Denpasar itu.

“Pembangunan dan pelestarian kawasan sangat terjaga. Semuanya kental dengan adat Bali. Operator diving dibatasi, jumlah hotel, hingga pedagang pun dibatasi oleh peraturan adat. Di desa ini hanya ada sekitar 12 hotel. Sisanya adalah homestay,” terang Ardana.

“Diving di pantai ini tidak perlu jauh menggunakan perahu ke tengah laut. Hanya 10 meter dari bibir pantai, wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan terumbu karang hasil teknologi biorock kelas dunia,” tambah Ardana.

Hingga saat ini, Desa Pemuteran telah memiliki hampir sekitar 1.000 kamar yang berbentuk hotel, resor, dan homestay. Dari paparan Ardana, homestay milik masyarakat selalu diminati oleh wisatawan.

Berikut adalah daftar destinasi Lonely Planet Terbaik di Asia untuk 2016:
1. Hokkaido (Jepang)
2. Shanghai (Tiongkok)
3. Jeonju (Korea Selatan)
4. Con Dao  (Vietnam)
5. Hong Kong (Tiongkok)
6. Ipoh (Malaysia)
7. Pemuteran (Indonesia)
8. Kepulauan Trang (Thailand)
9. Meghalaya (India)
10. Taitung (Taiwan)

 

Sumber: cnn.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s