Ubud Writers & Readers Festival Angkat Filosofi Hindu

Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) 2016 kembali siap digelar pada 26-30 Oktober 2016. Memasuki tahun ke-13, festival yang kini beranjak menjadi event internasional ini akan mengangkat tema bertajuk Tat Tvam Asi.

Tema ini terinspirasi dari filosofi Hindu dari abad ke-6 yang berarti ‘Kita Semua Satu’ atau ‘Aku adalah engkau dan engkau adalah aku’. Ideologi yang kuat ini menyimbolkan kehidupan bangsa Indonesia yang rukun walau didiami oleh berbagai suku, ras, dan agama.

Penulis-penulis kenamaan pun direncanakan hadir dalam ajang literasi dunia ini. Eka Kurniawan – penulis Lelaki Harimau, Cantik itu Luka, dan beberapa karya lainnya sekaligus peraih penghargaan World’s Readers Award – akan hadir bersama penulis dan jurnalis Seno Gumira Ajidarma.

Nama lain yang akan hadir di UWRF adalah Ratih Kumala, dan Djenar Maesa Ayu. Tahun ini UWRF juga mendatangkan beberapa nama besar di bidang film dan teater, seperti Slamet Rahardjo dan Iswadi Pratama.

Dari luar negeri, Charlotte Wood (pemenang Stella Prize 2016), Hanya Yanagihara (nominator The Man Booker Prize 2015), Juan Pablo Villabolos (pemenang The Guardian First Book Award Mexican) dan penulis Singapura Amanda Lee Koe, juga dijadwalkan hadir.

foto: Anggara Mahendra

Mempertegas tema yang diangkat, UWRF juga akan menghadirkan para jurnalis internasional, seperti jurnalis investigasi Suki Kim yang dalam buku terbarunya ia hidup dalam penyamaran di Korea Utara, dan Stan Grant yang baru saja merilis buku terbarunya tentang kehidupan Aborigin saat pertama kali kaum kulit putih datang.

UWRF akan berlangsung di Ubud pada 26-30 Oktober 2016 dengan beberapa kegiatan, seperti panel diskusi, workshop, tur kuliner, makan bersama para penulis, adu puisi, pameran seni, pemutaran film, peluncuran buku, dan lain-lain.

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s