Street Food Terbaik di Dunia? Datangi 10 Kota ini!

Percayakah Anda pada ungkapan “The best food is street food”? Bila Anda berkunjung ke beberapa kota di dunia, seperti Bangkok, Tokyo, atau Hong Kong, bisa jadi ungkapan ini memang benar adanya. Kota-kota tersebut sudah diklaim oleh para pemburu kuliner sebagai salah satu destinasi wisata makan-makan paling kondang sedunia.

Berikut ini adalah 10 kota di dunia yang sudah diakui oleh para pejalan dunia sebagai kota terbaik untuk menikmati jajanan jalanannya:

 

Bangkok

Rasanya hampir tidak mungkin untuk mengabaikan kuliner pinggir jalan di kota ini. Banyak pejalan dunia bahkan kembali lagi ke Bangkok demi menikmati keriuhan penjaja street food-nya yang beragam. Mulai dari buah-buahan segar, bermacam gorengan, hingga makanan berkuah yang menyegarkan, semuanya layak dirindukan untuk datang lagi ke kota ini.

 

Hong Kong

Di sinilah pertama kali Michelin pertama kali memutuskan untuk mengeluarkan buku panduan street food. Beberapa yang perlu dicicipi dan masuk dalam daftar kunjungan Anda adalah Hop Yik Tai (121 Lam Street, Sham Shui Po) yang menyajikan cheong fun (nasi santan gulung yang diberi saus hoisin), Fei Jie (Shop 4A, 55 Dundas Street, Mong Kok) yang terkenal dengan masakan daging rusa.

Foto: cnn.com

 

Marrakesh

Dijuluki Kota Merah karena hampir seluruh bangunan di sini berwarna merah, Marrakesh pernah menjadi pusat agama Islam di Maroko. Kunjungi Jemaa el-Fnaa di malam hari untuk menemui beragam makanan khas setempat, seperti sup bekicot, kepala domba, dan jus buah-buahan segar.

Foto: cnn.com
Foto: cnn.com

 

Ho Chi Minh City

Memiliki masakan mi yang terkenal, yaitu pho, kuliner lainnya seperti banh mi yang berupa sandwich dari roti baguette dan diisi dengan berbagai pilihan daging, mulai dari ayam, udang, sosis sapi, hingga kulit babi panggang yang renyah. Mampirlah di Pham Ngu Lau yang berdekatan dengan Ben Tanh Market untuk menikmati langsung jajanan jalanan yang beragam

1-pin-1-child-b
Foto: cnn

 

Beijing

Layaknya di Jakarta, banyak jajanan jalanan di Beijing sekarang juga dijual dengan konsep “jalanan” di mal=mal megah. Namun biasanya turis tetap mengarahkan kakinya ke jalanan yang riuh demi melebur dengan suasana asli dan rasa yang lebih autentik. Wangfujing Snack Street adalah destinasi kuliner yang bisa Anda masukkan dalam agenda kunjungan di Beijing. Selain bisa menemukan bizzare food, seperti sate kuda laut dan sate kalajengking, Anda juga bisa berbelanja suvenir di sepanjang kawasan pedestrian yang nyaman ini.

 

Sydney

Bagi penyuka hidangan laut, berkunjung ke Sydney Fish Market adalah kewajiban karena di sini Anda bisa melihat langsung beragam hasil tangkapan laut yang dijual segar.  Jangan lewatkan kesempatan untuk mampir di Peter’s Seafood Cafe yang memasak hidangan laut segar di jendela kafe mereka.

Foto: cnn.com

 

Rio de Janeiro

Kota yang populer dengan pantainya ini juga punya kuliner lokal yang dirindukan para pelancong. Empada – seperti pai yang diisi potongan daging ayam dan keju – biasanya jadi pilihan untuk makan siang atau sekadar kudapan sambil bersantai, selain Brazilian Tapioca yang mirip crepe. Untuk mengatasi cuaca yang panas, nikmati sacoles – jus buah-buahan segar yang diolah menjadi popsicle.

Foto: cnn.com
Foto: cnn.com

 

Miami

Bila belum sempat berkunjung ke Kuba, Miami adalah pusatnya makanan Kuba di Amerika Serikat. Dikenal dengan sebutan Cubano sandwich, makanan populer ini terdiri dari ham, potongan daging babi panggang, keju Swiss, pickle dan saus mustard yang kemudian dimasak dengan toast.

Foto: cnn.com
Foto: cnn.com

 

Mumbai

Jika Anda direkomendasikan ke Mohammad Ali Road, kedai-kedai makanan di sini kebanyakan tak memajang namanya, namun Anda bisa melihat ke kedai mana orang paling banyak antri makanan. Hanya sedikit tempat makan yang memajang nama kedainya di sini, seperti Janata, yang dilengkapi dengan pendingin ruangan dan menawarkan menu kebab.

Foto: cnn.com
Foto: cnn.com

 

Istanbul

Istanbul adalah muara bagi banyak budaya di dunia, terutama Eropa dan Asia. Di sinilah tempat berkumpulnya semua warga Turki dari penjuru negeri untuk menawarkan berbagai kuliner khas daerahnya. Menu yang ada di restoran mewah pun mudah didapat di kedai pinggir jalan, seperti durum dan lahmacun. Makanan wajib yang tak boleh dilewatkan adalah mencicipi es krim Turki yang dihidangkan dengan kacang pistachio.

shutterstock_214849486

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s