Thailand untuk Wisatawan Muslim

Meskipun masih dalam masa berkabung, kunjungan turis ke Thailand tak surut. Menyikapi meningkatnya kunjungan wisatawan, khususnya dari negara yang mayoritas Muslim, Tourism Authority Thailand (TAT) merilis contoh itenerary untuk wisatawan Muslim agar kunjungan tetap nyaman.

Sebelum berangkat, sangat disarankan untuk mengunduh aplikasi “Thailand Muslim Friendly Destination” untuk informasi masjid terdekat dan restoran halal.

Pemilihan hotel

  • Hotel bersertifikat halal di Bangkok: Al Meroz, Nuovo City, Grand Diamond Suites, Regent Hotel. Sementara di Pattaya: A One.
  • Daerah di Bangkok yang dipenuhi warga Muslim adalah Ram Kham Haeng

Video: GOASEAN

 

Hari 1

Setelah sarapan di hotel, menuju ke Grand Palace, Wat Pho, dan Wat Arun. Bila lapar, di sekitar lokasi ini terdapat kedai-kedai halal yang menjual rotee (sejenis martabak manis) dan pad thai. Ada kedai pad thai dengan logo Halal di sebelah kanan Tha Tien Pier. Dermaga iini adalah dermaga untuk menuju Wat Arun. Pilihan lain adalah mini market (semacam 711) yang juga menjual kudapan halal (ada logonya).

Sore hari saatnya santai di mal, misalnya ke area Siam (BTS Siam). Pilihannya bisa ke Siam Paragon (ada Sea Life Ocean World) lalu jalan ke Siam Discovery (ada Madame Tussauds). Bisa juga menyeberang ke Siam Square, melihat Hello Kitty House dan Hard Rock Cafe. Dari sini juga mudah ke MBK, ada resto halal “Yana” di lantai 5 atau di Food Court-nya. Di lantai 5  ada resto Indonesia “Jimbaran” yang juga halal.

Mal seperti Siam Paragon dan MBK punya ruang sholat (Praying Room). Bisa ditanyakan ke bagian informasi.

Hari 2

Ke istana Ananta Samakhom dan Vimanmek Mansion (tiket sudah termasuk tiket ke istana Ananta dan Vimanmek Mansion). Shopping di area Pratunam. Di sini ada resto halal yang lezat, yaitu Maedah, atau di Baiyoke Suite Hotel. Dari Pratunam tinggal menyeberang ke Platinum Mall yang punya kedai halal di Food Court.

Dari Pratunam ke arah Kedubes RI (sebelahnya Pantip Plaza) yaitu area Petchburi, banyak resto halal seperti Mak Nyah, Nang Phaya, dan Ploy di Grand Diamond Hotel. Di Petchburi Soi 7 ada masjid Darul Aman (BTS Ratchathewi, jalan 300 meter).

Malam hari bersantai di Asiatique. Restoran-restoran halal ada persis di seberang pintu masuknya, dan juga ada masjid Ul Khoirot.

Hari 3

Yang membawa keluarga bisa ke Dream World, Snow Town Gateway Mall, Dino Planet, Art in Paradise, Bat Cat Toy Museum, Safari World, dan Children Discovery Museum. Yang suka sejarah bisa ke Jim Thompson House, National Museum, atau kuil-kuil lain seperti Golden Mount. Penyuka fotografi bisa ke Ancient City, Pickadaily, London Street (dan sore ke Chocolate Ville), atau bahkan day trip ke Ayutthaya. Shopaholic bila bertepatan dengan Sabtu atau Minggu bisa ke Chatuchak. Di Chatuchak banyak kedai halal seperti Saman Islamic Food di dekat tugu jam.

Bila mau melihat masjid menarik bisa ke Masjid Jawa atau Bang Luang Mosque
Malamnya bisa nonton Siam Niramit, atau Nanta Show.

Bagi yang memilih day trip ke Ayutthaya, bisa mengunjungi Istana Bang Pa In dan reruntuhan kuil kuno. Di Ayutthaya juga ada “Muslim Quarter”, yaitu di dekat Wat Phutthaisawan tempat berdirinya Aliyin Nuroi Mosque. Selain itu ada Masjid Nurun Imanwaritsunna serta makam tokoh Muslim Sheikh Ahmad Qomi, dari abad 17. Di sepanjang jalan ini ada “Jalan Roti” tempat berderetnya kedai roti sai mai, makanan khas Muslim Ayutthaya.

 

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s