Santika Hadirkan Unsur Tradisional di Properti Terbarunya, The ANVAYA Beach Resorts Kuta

Berlokasi di kawasan Kuta bukan berarti The ANVAYA Beach Resorts Kuta, besutan grup Santika Indonesia Hotels and Resorts yang baru diresmikan pada 11 November 2016 ini akrab dengan keriuhan. Memasuki area drop off, tamu disambut dengan senyuman ramah petugas, alunan gamelan Bali, dan gemericik air kolam yang menenangkan serta jauh dari suara bising. Mata juga langsung tertuju pada signature pond – instalasi seni dengan bentuk mirip pura – yang berada di tengah kolam, seolah ingin menegaskan karakter orang Bali yang religius dan tenang.

 

Dari Desa ke Kota

Berada di pusat lokasi hiburan malam di Bali yang modern dan dinamis tak berarti The ANVAYA Beach Resorts Kuta melupakan unsur tradisi. Dari lobi, tamu sudah bisa merasakan budaya Bali lebih dekat dengan adanya pilar-pilar kayu berukuran besar yang dihiasi ukiran Bali di bagian bawahnya, selain ukiran di langit-langit resor yang jaraknya cukup tinggi.

Helmy Shaukany Hakim, Resident Manager The ANVAYA Beach Resorts Kuta, menjelaskan, “Nuansa tradisional ini hadir sebetulnya karena kami terinspirasi budaya asli Desa Tenganan yang konon mewarisi budaya langsung dari Kerajaan Majapahit.”

Desa Tenganan yang berlokasi di Karangasem ini  diyakini sebagai desa tradisional yang sampai sekarang masih menjaga warisan leluhurnya, Majapahit. Berbeda dengan warga Bali umumnya yang menjalani ritual Ngaben untuk pemakaman, warga Tenganan justru menghindari hal ini. Warga Tenganan juga masih menggunakan sistem penanggalan kuno untuk menentukan hari-hari besar keagaman dan masih menjaga hubungan keselarasan dengan alam. Keunikan inilah yang kemudian menginspirasi The ANVAYA Beach Resorts Kuta untuk dijadikan tema dari dekorasinya yang juga didominasi warna-warna alam.

The ANVAYA Beach Resorts Kuta memiliki 495 kamar nyaman yang terdiri dari Deluxe Room, Deluxe Suite, Premiere Room, Premiere Suite, The ANVAYA Suite, Beach Front Private Suite, dan The ANVAYA Villa yang semuanya menggabungkan dekorasi Bali kontemporer dan tradisional.

Kuliner Bali

Peduli dengan minimnya makanan khas Bali yang ditawarkan di hotel berbintang, The ANVAYA Beach Resorts Kuta berinisiatif untuk mempopulerkan menu Bali di salah satu restoran andalannya, Kunyit Restaurant. Dirancang dengan langit-langit yang tinggi, restoran yang juga bersebelahan dengan jalan raya ini terasa lega dan sejuk meski tak menggunakan pendingin ruangan.

Menjagokan menu Megibung, restoran ini percaya bahwa wisatawan kini mulai melirik makanan khas Bali dibanding menu Barat.

Tapi bukan berarti The ANVAYA Beach Resorts Kuta tidak menghidangkan menu internasional. Berada di pesisir Pantai Kuta, tamu yang ingin makan dengan suasana lebih santai bisa melangkahkan kakinya ke Sands Restaurant yang menawarkan pemandangan Pantai Kuta yang lapang. Menghadirkan menu-menu internasional, seperti sushi, pizza, dan steik, restoran yang berkonsep open kitchen ini menjagokan mi tarik sebagai menu andalannya.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s