Krui, Destinasi Selancar Dunia Kini Semakin Populer

Kompetisi selancar internasional bertajuk Krui Pro 2017 yang diadakan oleh World Surf League (WSL), lembaga liga surfing kelas internasional, belum lama usai. Terkenal dengan ombak left-handernya yang panjang dan menantang, Ujung Bocur, sebuah daerah di Krui yang juga dikenal sebagai Karang Nyimbor, menjadi pilihan terlaksananya acara bergengsi ajang unjuk kebolehan para peselancar dalam liga Qualifying Series (QS) 1,000 tersebut.

Terletak di Kabupaten Pesisir Barat, Selatan Sumatera, Krui merupakan ‘arena bermain’ bagi para peselancar. Membawa ombak kuat langsung dari Samudera Hindia yang luas serta nuansa pulau yang masih asli, Krui menjadi tujuan petualangan bagi para peselancar nasional dan internasional.

Impian Para Peselancar

Berbicara mengenai Krui sebagai tujuan berselancar, salah satu peselancar pro Indonesia yang tahun lalu menjuarai RipCurl Padang Cup, Mega Semadhi, menceritakan tentang partisipasinya di Krui Pro 2017.

“Ini merupakan kali kedua saya ke Krui dan ombak di sini tetap sama, sempurna dan menyenangkan. Rekan peselancar internasional pun setuju dengan hal ini, menurut mereka Krui memiliki banyak sekali spot selancar yang belum terjamah. Mulai dari kelas pemula (Grade C) hingga kelas profesional (Grade A) bisa berselancar di sana dengan kualitas ombak yang tidak diragukan,” ungkap Mega.

Hal senada juga disampaikan oleh peselancar yang telah akrab dengan ajang kejuaraan sejak usia belia, Putra ‘Pulu’ Hermawan. Peselancar asal Bali yang pernah disponsori oleh merek pakaian selancar RipCurl ini mengaku terpesona dengan kualitas ombak di Krui.

Pulu mengatakan, “Saya belum pernah mendengar tentang Krui, tentunya ini menjadi kali pertama saya berkunjung. Ombak di Krui cukup panjang dari yang pernah saya temukan di daerah lainnya, sehingga saat berselancar, trik apapun dapat digunakan.”

Mewakili harapan dari para peselancar Indonesia, dalam kesempatan terpisah, Mega dan Pulu sepakat bahwa pelestarian lingkungan Krui juga merupakan hal yang penting untuk dijaga. Pemberian edukasi kebersihan lingkungan demi menjaga keaslian dan keasrian alam Krui perlu dilakukan secara rutin kepada masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, fasilitas penginapan wisatawan selancar juga perlu ditingkatkan demi kenyamanan pengalaman selancar yang menyeluruh di Krui.

Photo: Cabana Surf & Stay

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s