Musim Dingin Menjelang, Ini 5 Festival Salju Paling Instagrammable di Jepang

Musim dingin bisa jadi merupakan momen paling dinanti di Jepang selain musim semi yang menawarkan mekarnya sakura. Pasalnya, beberapa kota di Jepang justru menggelar festival yang meriah. Operator wisata pun berlomba-lomba menawarkan paket berlibur demi berpesta di musim salju ini. Berikut lima festival musim dingin yang bisa Anda agendakan dalam bucket list demi mempercantik feed Instagram dan membuat follower Anda iri.

 

Yokote Kamakura Snow Festival

Siapkan kamera! Festival unik ini akan memanjakan mata dengan gundukan-gundukan salju (disebut kamakura) yang dirancang mirip iglo orang Eskimo dan dipasangi lentera yang akan bercahaya di malam hari. Sekitar 100 kamakura yang bercahaya cantik ini bisa dinikmati di kota Yokote, Prefektur Akita. Perayaan tradisional yang sudah berusia 400 tahun ini dilakukan untuk menghormati dewa air dan biasanya digelar sekitar Januari hingga Februari tiap tahunnya. Kamakura sendiri merupakan bangunan tradisional Jepang yang awalnya dibangun sebagai persembahan kepada dewa air.

Photo courtesy of jnto.go.jp

 

Yunishigawa Kamakura Festival

Masih mengandalkan bentuk bangunan kamakura yang lucu, festival ini berlangsung di Yunishigawa Onsen, Prefektur Tochigi, biasanya pada Januari hingga Maret tiap tahunnya. Menyambut pengunjung dengan lokasi festival yang meriah, pengunjung bisa berfoto di kamakura yang dihiasi lampu cantik, memotret kamakura mini di sepanjang Sungai Yunishigawa, bersantap barbekyu di dalam kamakura, atau mengunjungi kuil Heike Jikoji yang bermandikan cahaya sambil menyantap mi soba.

Photo courtesy of jnto.org.au

 

Sapporo Snow Festival

Pesta musim dingin paling meriah di Jepang ini selalu sukses menarik perhatian turis dunia maupun lokal. Diperkirakan tiap tahunnya dua juta wisatawan mendatangi festival ini demi menjadi saksi gemerlap kota Sapporo yang dihiasi lampu warna-warni dan hamparan salju. Selama sepakan di awal Februari, kota Sapporo akan bersolek menjadi kota paling meriah di Hokkaido dengan deretan patung es dan atraksi lampu cantik. Pusat-pusat atraksinya bisa dinikmati di Odori Park, Tsudome, dan Susukino.

Photo courtesy of cntraveler.com

 

Asahikawa Snow Festival

Berlokasi di Hokkaido, inilah festival salju terbesar kedua setelah Sapporo Snow Festival. Biasanya digelar pada minggu awal bulan Februari dan bersamaan dengan Sapporo Snow Festival. Tak perlu khawatir, wisatawan bisa mengunjungi kedua festival meriah ini karena Sapporo dan Asahikawa hanya berjarak tempuh 80 menit saja dengan kereta api. Meskipun tak sebesar gelaran Sapporo Snow Festival, namun Asahikawa Snow Festival memiliki deretan patung lebih besar dibanding dengan festival di Sapporo. Patung Korean Fortress yang pernah dibuat pada 1994 pernah tercatat di Guiness World Records sebagai patung es terbesar.

Photo courtesy of: commons.wikimedia.org

 

Zao Snow Monster Festival

Pegunungan Zao di Prefektur Yamagata selalu dianugerahi pemandangan unik tiap musim dingin tiba. Salju yang tebal akan menutupi lereng pegunungan dengan pohon-pohonnya terhampar dan membentuk seperti sosok monster yang berdiri di lereng gunung. Momen unik ini dimanfaatkan wisatawan untuk memotret fenomena ini dari cable car atau menyusurinya sambil bermain ski.  Pada malam hari, “monster-monster” ini akan diterangi cahaya lampu untuk menambah kesan dramatis.

Photo courtesy of japanbook.net
Advertisements