Ini Aksi Qatar Airways Perangi Penyelundupan Hewan liar

Qatar Airways kembali menabuh genderang perang melawan penyelundupan hewan liar. Turut mendukung pelestarian hewan dan aktif melawan penyelundupan hewan yang menggunakan jaringan transportasi internasional, Qatar Airways bekerjasama dengan organisasi non-pemerintah dan agen pemerintah untuk memerangi aksi ilegal yang semakin marak ini.

Melalui siaran pers yang dirilis di situs resminya, Qatar Airways mengumumkan telah meningkatkan kerjasama melalui program USAID Reducing Opportunities for Unlawfull Transport of Endangered Species (ROUTES) Partnership dalam menegaskan komitmen sesuai dengan United for Wildlife Transport Taskforce Buckingham Palace Declaration untuk menjaga kelangsungan hidup hewan langka dari perdagangan liar dan mengkampanyekan perlindungan hewan liar.

“Kami memiliki posisi yang kuat untuk memberikan solusi dalam menghadapi ancaman global, seperti transportasi illegal untuk perdagangan hewan liar. Qatar Airways bersama perusahaan aviasi dunia lainnya dengan tegas menyatakan bahwa kami tidak ada toleransi untuk ancaman ini,” tegas Akbar Al Baker, Chief Executive Qatar Airways Group melalui situs resmi Qatar Airways.

ROUTES menandatangani kerjasama dengan Qatar Airways pada Mei 2017 dan menjadikan maskapai ini sebagai anggota termuda organisasi tersebut. Qatar Airways Cargo sebagai perusahaan kargo terbesar ketiga di dunia, kini menerapkan peraturan ketat dalam prosedur pengiriman barang sebagai upaya memangkas penyelundupan hewan liar.

Perdagangan hewan liar saat ini menduduki transaksi illegal terbesar nomor empat di dunia dengan nilai sebesar 20 milyar dolar per tahunnya yang melibatkan sekitar 7.000 jenis hewan dan tanaman langka. Para organisasi yang memerangi aksi ini biasanya juga menemukan fakta bahwa perdagangan illegal ini berhubungan dengan jaringan illegal lainnya, seperti narkoba, perdagangan senjata dan perdagangan manusia. Tiap tahunnya, aktivitas perdagangan illegal ini disinyalir kian meningkat dengan menggunakan transportasi internasional dan mengancam banyak hal, seperti resiko serangan terhadap kesehatan manusia, petugas keamanan, dan tentunya mendorong keberadaan hewan pada kepunahan.

Melihat ancaman yang semakin besar ini Qatar Airways aktif menggalang kerjasama dengan berbagai instansi, seperti pihak pemerintah, organisasi internasional, dan lembaga ahli seperti ROUTES. Termasuk juga dengan maskapai internasional dan para petugas imigrasi untuk menekan pergerakan jaringan perdagangan illegal ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s