Antusiasme Meningkat, Indonesia Menari akan Hadir di 3 Kota

Bakti Budaya Djarum Foundation kembali akan menghadirkan ajang Indonesia Menari 2017. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara yang rutin digelar sejak 2012 ini akan dimulai serempak pada 19 November 2017 pukul 13.00 di  Jakarta, Solo, dan Bandung.

“Indonesia Menari adalah upaya Bakti Budaya Djarum Foundation untuk mengenalkan seni tari tradisional Indonesia dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Besarnya antusiasme peserta Indonesia Menari di tahun-tahun sebelumnya mendorong kami untuk melakukan penambahan kota yaitu di Solo dan Bandung yang akan menari bersama,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Foto: Dok. Galeri Indonesia Kaya

Indonesia Menari 2017 dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi yang menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan tarian modern dengan durasi empat menit yang diiringi musik aransemen Pongky Prasetyo yang menggabungkan lagu daerah dari Aceh (Bungong Jeumpa), Kalimantan Barat (Cik Cik Periuk), Jawa Barat (Cingcangkeling), Maluku (Rasa Sayange), Sulawesi Utara (Si Patokaan) dan Nusa Tenggara Timur (Gemu Fa Mi Re).

Tahun ini, Indonesia Menari 2017 dikonsep oleh Rosmala Sari Dewi dari CIOFF INDONESIA dengan gerakan tari tradisional yang dikemas modern. Para peserta dapat menyaksikan tutorial gerakan Indonesia Menari 2017 melalui situs https://www.indonesiakaya.com/indonesiamenari/tutorial.

“Untuk Indonesia Menari 2017 saya mengkolaborasikan beberapa gerakan tari tradisional dari beberapa daerah dengan menyisipkan sedikit gerakan tari modern. Gerakan yang cukup mudah untuk diikuti, sehingga para peserta yang bukan penari tak perlu merasa tidak percaya diri untuk berpartisipasi dalam acara ini,” ujar Rosmala Sari Dewi, CIOFF INDONESIA dan koreografer Indonesia Menari 2017.

Kegiatan Indonesia Menari 2017 dimulai serentak pada pukul 13.00 WIB dengan konsep indoor yang tersebar di beberapa area di Grand Indonesia, Jakarta; The Park Mall, Solo; dan Mall 23 Paskal, Bandung. Acara ini juga akan diramaikan dengan kehadiran para pekerja seni yang turut menari bersama dalam kemeriahan Indonesia Menari 2017 di masing-masing kota. Aktor Fero Walandouw dan Marcell Darwin juga aktris Yuki Kato akan menari bersama ribuan peserta di Jakarta, Ayushita dan Rangga Moela akan tampil di Solo, dan Citra Kirana bersama Morgan Oey akan menari bersama para peserta Indonesia Menari 2017 di Bandung.

Siapa pun dapat berpartisipasi dalam acara ini. Dengan tema kostum etnik modern, pendaftaran dibuka dengan dua kategori yaitu individu dan kelompok dengan minimal lima peserta dan maksimal tujuh peserta per-kelompok. Para peserta juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dengan total ratusan juta rupiah. Pendaftaran Indonesia Menari 2017 dapat dilakukan di https://www.indonesiakaya.com/indonesiamenari/homeregistrasi.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s