Perang Lawan Siluman Ala Teater Koma

Sukses menggelar ‘Warisan’ dan ‘Opera Ikan Asin’ tahun ini, Teater Koma dan Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menggelar lakon terbarunya ‘Sie Jin Kwie – Melawan Siluman Barat’ yang dipentaskan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki 10 – 19 November 2017. Pagelaran kali ini merupakan lanjutan dari lakon-lakon Sie Jin Kwie yang sebelumnya,  Sie Jin Kwie (2010), Sie Jin Kwie Kena Fitnah (2011) dan Sie Jin Kwie Di Negri Sihir (2012). Lakon keempat ini menutup kisah Sie Jin Kwie Ceng See atau Sie Jin Kwie Menyerbu Ke Barat, yang adaptasi oleh Nano Riantiarno dari novel karya Lokoanchung dan Tiokengjian.

Foto: Dok.Teater Koma

“Lakon terbaru Teater Koma yang berjudul Sie Jin Kwie Melawan Siluman Barat ini  mengajarkan tentang sikap kepahlawanan dan pengabdian kepada bangsa. Sama seperti Teater Koma yang menunjukkan pengabdian luar biasa untuk seni pertunjukan Indonesia ,” terang Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Lakon ini merupakan produksi ke-150 dan juga merupakan pentas besar ketiga dalam rangkaian perayaan hari jadi ke-40 Teater Koma. Kisahnya tentang menantu Sie Jin Kwie, jenderal wanita Hwan Lie Hoa yang diangkat Raja Li Ti menjadi Panglima Besar Pasukan Tang setelah Sie Jin Kwie gugur di medan perang. Tugasnya, mengalahkan Jenderal Souw Po Tong dan menaklukkan Tartar Barat yang dibantu para siluman dan Dewa Jahat.

“Sie Jin Kwie Melawan Siluman Barat adalah lakon yang mustahil. Dan itu terjadi ratusan tahun yang lalu. Mungkin, yang sekarang kita lawan adalah siluman juga. Apa betul yang kita lawan sekarang ini adalah siluman?” sentil Nano Riantiarno yang juga menjadi sutradara.

Lakon ini menampilkan 22 adegan perang, baik perang besar maupun kecil. Koreografi peperangan ini ditangani oleh Sentot S dan Djoko SS. Mereka mengajarkan para aktor Teater Koma, agar bisa melaksanakan peperangan. Fero A. Stefanus, menggarap 23 lagu dalam lakon ini dengan arahan instruktur vokal Naomi Lumban Gaol. Segala jenis musik Tiongkok menjadi musik penghantar peperangan diiringi oleh Sekolah Musik Miladomus. Uniknya, kostum pemain mengadaptasi motif batik meski lakonnya khas Tiongkok.

Foto: Dok. Teater Koma

Selain mendukung pertunjukan, Bakti Budaya Djarum Foundation juga berpartisipasi dalam program apresiasi seni pertunjukan Teater Koma, yaitu sebuah program yang bertujuan untuk mengajak 200 pekerja seni teater, guru, dan mahasiswa di Jakarta untuk menonton pertunjukan Teater Koma. Program ini diharapkan memberikan ruang apresiasi bagi masyarakat terutama yang belum pernah menonton karya Teater Koma sebelumnya, sehingga mereka menemukan referensi mengenai sajian artistik serta konsep dramaturgi yang detil dari karya Teater Koma.

Lakon Sie Jin Kwie – Melawan Siluman Barat ini dipentaskan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki setiap hari, 10 – 19 November 2017, pukul 19.30 WIB kecuali hari Minggu, 12 dan 19 November 2017, pukul 13.30 WIB.

Untuk informasi tiket bisa menghubungi 0217359540, 0217350460, 082122777709 atau www.teaterkoma.org dan www.blibli.com untuk pemesanan tiket online.

Untuk harga tiket akhir pekan Rp. 500,000, Rp. 400,000, Rp. 300,000, Rp. 225,000, dan Rp. 150,000. Untuk hari kerja Rp. 400,000, Rp. 300, 000, Rp. 225,000, Rp. 150,000 dan Rp. 100,000

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s