7 Perjalanan Fenomenal dengan Kereta Api

Perjalanan selalu menjadi wadah ampuh untuk menjaring kisah. Berbagai moda transportasi memiliki cerita tersendiri untuk dinikmati, seperti kereta api yang tak pernah alpa memberikan inspirasi bagi siapa pun yang menjadi penumpangnya. Banyak penulis perjalanan, novelis, dan fotografer telah tersihir dengan perjalanan kereta api yang magis. Kami merangkum beberapa operator dengan rute epik perjalanan kereta api di dunia yang layak Anda agendakan untuk rencana liburan berikutnya. Setidaknya ini akan jadi perjalanan tak terlupakan sekali seumur hidup!

Trans-Siberia

Jalur sepanjang 9.256 kilometer yang menghubungkan Moskow dengan Vladivostok ini tak pernah membuat kereta api Trans-Siberia sepi penumpang. Jalur yang sering dijadikan bucket-list para petualang ini menawarkan banyak perhentian dengan atraksi cantik, seperti Kazan, Yekaterinburg, dan Irkutsk. Jalur ini juga tersedia operator Golden Eagle yang menawarkan banyak rute menarik yang sebagian besar mengitari wilayah selatan menuju Ulan Bator di Mongolia.

 

Maharajas’ Express

Menawarkan 23 gerbong dengan fasilitas dan interior bak hotel mewah, kereta ini memulai perjalanannya dari Delhi dan Mumbai. Pilihan itinerary-nya pun beragam, mulai dari empat hari hingga delapan hari perjalanan mengitari India. Tempat-tempat yang dikunjungi di antaranya adalah Jaipur, Udaipur, Fathepur Sikri, Agra, dan Ranthambore. Di sini penumpang bisa turun untuk mengeksplor destinasi setempat ditemani pemandu profesional.

Foto: maharajas-express-india.com

 

Marrakech Express

Dunia kereta api  Maroko adalah salah satu yang terbaik dan teraman di Afrika. Operator kereta ini bahkan memeiliki gerbong bertingkat demi kenyamanan penumpangnya. Perjalanan sembilan hari ini akan dimulai dari kota Berber di Tangier sebelum dilanjutkan naik bus ke Chefchouan dan jalan kaki ke bukit sebelum melanjutkan ke Fes dan ke Rabat dalam dua hari terakhir petualangan.

 

Shangri-La Express

Dimanjakan dengan gerbong mewah, penumpang Shangri-La Express bisa memilih paket perjalanan hingga 15 hari. Rutenya menjelajahi Tiongkok dan Tibet dengan berhenti di Lhasa, Tangulla Pass – tempat tertinggi yang bisa dicapai penumapng kereta api -, Xining, Tembok Besar di Jiayuguan, Dunhuang – untuk naik unta melintasi gurun Gobi-, Turpan, Kashgar, dan Urumqi.

Foto: goldeneagleluxurytrains.com

 

Trans-Canada

Perjalanan santai selama 3,5 hari sepanjang 4.466 kilometer ini akan menjalani rute Toronto ke Vancouver. Selama perjalanan, penumpang akan disajikan lanskap berbeda dari negara terluas kedua di dunia ini.Menggunakan gerbong mewah hasil renovasi dari gerbong klasik tahun 1950-an, perjalanan ini akan menyusuri padang hijau di lereng Pegunungan Rocky sebelum berhenti sejenak untuk mengajak penumpangnya menikmati anggur di Stasiun Jasper. Salah satu objek istimewa dalam perjalanan ini adalah kawasan utara Edmonton, dan lembah Sungai Fraser di mana penumpang bisa melihat batu sebesar rumah yang dijuluki Lady Franklin.

 

Orient Express, Paris -Istanbul

Perjalanan kereta api paling seksi ini telah menyihir banyak orang termasuk penulis Agatha Christie. pertama kalai meluncur pada 1883 dari Paris ke Istanbul, kereta mewah inimenyediakan segalanya, mulai dari kemewahan, hidangan terbaik, hingga inspirasi yang membuahkan salah satu karya misteri terbaik di dunia, ‘Murder on the Orient Express’.

Foto: belmond.com

 

Indian Pacific, Australia

Perjalanan di atas rel sejauh 4.352 kilometer dari Sydney ke Perth ini pertama kali diluncurkan pada 23 Februari 1970. Selama perjalanan, penumpang akan disuguhi pemandangan gurun pasir yang menakjubkan, kawasan Darling yang magis, dan Blue Mountain yang megah.

Foto: greatsouthernrail.com.au

 

 

Advertisements