Layanan Hotline Wisata di Korea Kini Sediakan 8 Bahasa. Ada Bahasa Indonesia!

Pusat layanan wisata Korea ‘1330’ telah memperluas layanan interpretasi-nya menjadi delapan bahasa. Penambahan jenis bahasa ini tujuannya adalah untuk membantu kegiatan wisatawan asing yang sedang berlibur di Korea agar menajdi lebih nyaman dan mudah.

Layanan hotline ‘1330’ ini dioperasikan oleh Korea Tourism Organization (KTO) sejak 1999. Sebelumnya, layanan interpretasi yang melayani wisatawan selama 24 jam secara gratis ini hanya menyediakan layanan empat bahasa yaitu Korea, Inggris, Jepang dan Tiongkok. Menurut siaran pers dari KTO, mulai 22 Januari lalu, layanan interpretasi tersebut berkembang menjadi delapan bahasa, dengan tambahan layanan bahasa Rusia, Vietnam, Thailand dan Malay-Indonesia. Namun, untuk empat bahasa tambahan ini masih beroperasi dari jam 08:00 sampai jam 19:00. Secara bertahap tambahan layanan tersebut akan beroperasi untuk 24 jam, dan tentu saja gratis!

Kehadiran layanan tersebut diharapkan membuat wisatawan asing semakin nyaman selama berada di Korea. Januari sampai November 2017 lalu, jumlah wisatawan yang mengunjungi Korea dari Rusia sekitar 249,000 wisatawan, Vietnam sekitar 300,000 wisatawan, Thailand sekitar 438,000, dan sekitar 471,000 dari Indonesia dan Malaysia.

Layanan interpreter ‘1330’ ini juga dikembangan menjadi pusat layanan khusus untuk Olimpiade Musim Dingin PyeongChang sejak bulan Desember tahun lalu untuk menyediakan infomasi kepada penonton Olimpiade. Informasi yang disediakan mencakup tentang Olimpiade, akomodasi, makanan, transportasi, berbagai acara kebudayaan dan lainnya.