DESTINATIONS

Tempat-Tempat Strategis Merayakan Songkran di Bangkok



Tourism Authority of Thailand (TAT) kembali mengumumkan perayaan tahun baru masyarakat Thailand melalui perayaan Festival Songkran yang tahun ini diadakan pada tanggal 12 hingga 20 April 2018. Beragam aktivitas dan perayaan menarik diadakan untuk menghargai peranan elemen air dalam budaya masyarakat Thailand ini.

Selama berabad-abad, Festival Songkran telah menjadi simbol keramah-tamahan, kasih sayang dan pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan keluarga serta lingkungan sekitar. Selain itu, acara yang digelar pada bulan April ini juga menjadi ajang mendinginkan kepala dari suhu udara yang panas, dan menjadi cara untuk menghormati kerabat yang dituakan dalam keluarga serta saat yang tepat untuk mendoakan orang-orang terkasih yang telah tiada.

Sepanjang acara festival digelar, kuil dan pagoda yang terbuat dari pasir didirikan untuk mengenang jasa para leluhur. Terdapat pula hari khusus di mana semua orang wajib membersihkan rumah, lingkungan serta kota tempat tinggal mereka di penjuru Thailand. Selain itu, tentu ada pula acara ritual perang air seru yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak, generasi muda maupun para wisatawan.

Gubernur TAT, Thawatchai Arunyik, mengatakan, “meskipun acara Festival Songkran merupakan acara budaya khas Thailand, tetapi festival ini telah menjadi populer hingga ke penjuru dunia dan telah berhasil menarik banyak wisatawan datang ke Thailand untuk merasakan sendiri sensasi dan keseruannya.”

Tahun ini, tahun baru ‘Maha Songkran’ jatuh pada tanggal 13 April yang diikuti oleh Nao day (Middle Day) sehari setelahnya. Sementara, tahun baru Thailand sendiri jauth pada tanggal 15 April. Bila Anda tertarik untuk turut merasakan keseruan Festival Songkran, tahun ini festival akan diadakan di lokasi-lokasi berikut ini di kota Bangkok dan sekitarnya:

  • Khao San Road, Bangkok, 13-15 April 2018, pukul 10.00-23.00
  • Silom Road, Bangkok, 13-15 April 2018, pukul 10.00-00.00
  • Songkran Wisutkasat (perempatan Bang Khun Phrom) di bawah jembatan Rama 8, 13-15 April 2018
  • Banglamphu: Bergabunglah dengan generasi muda Bangkok yang mengenakan pakaian adat Thailand dan nikmati beragam upacara penghormatan serta pertunjukan budaya di Suan Santi Chaiprakarn, Phra Athit Road, 13-15 April 2018
  • Lan Khon Mueang: Nikmati beragam upacara penghormatan dan bermacam keseruan di depan Bangkok City Hall, 13-15 April 2018