DESTINATIONS

Butuh Asupan “Vitamin Sea”? Kunjungi 7 Pantai di Indonesia Ini




Indonesia memang surganya pantai. Dengan panjang garis pantai lebih dari 99.000 kilometer, hampir semua karakter pantai di dunia ada di Indonesia. Dari yang sunyi dikelilingi pasir selembut tepung hingga yang dibatasi dinding karang yang garang. Bila Anda adalah penyuka liburan di pantai yang eksotis, berikut adalah tujuh pantai di Indonesia yang harus Anda agendakan untuk liburan berikutnya:

 

Pantai Mawun, Lombok

Selagi banyak wisatawan mengarahkan liburannya ke Gili Trawangan, sesekali arahkan perjalanan ke daerah selatan Lombok. Deretan pantai seksi banyak tersebar di daerah pesisir yang relatif masih sepi dari hotel berbintang ini. Pantai Mawun tak banyak dikepung resort mewah. Di sekelilingnya hanya ada rimbunan pohon, warung penjual makanan ringan, pedagang suvenir, kelapa muda, dan buah-buahan. Namun pantai yang diberkahi pasir pantai yang lembut ini kerap dikunjungi turis asing. Saat menginjakkan kaki di pasir pantainya, kaki bisa amblas sebatas mata kaki saking lembutnya.

A post shared by traveletc.id (@traveletc.id) on

Pantai Ora, Maluku Tengah

Lokasinya di Seram Utara, Maluku Tengah, pantai ini menawarkan suasana sunyi dan terpencil dengan pemandangan dramatis dan perairan yang bersih. Untuk mencapainya, perjalanan harus melalui jalan darat dan laut beberapa kali. Hanya ada Ora Beach Resort yang menampung wisatawan yang menginap di sini dengan bungalownya yang menjorok ke perairan jernih dan hanya bisa digapai melalui jalur laut.

Pulau Matakus, Maluku Tenggara Barat

Namanya belum terlalu akrab di kalangan pejalan, namun pulau yang berada di Saumlaki, Maluku Tenggara Barat ini memiliki kontur pantai datar yang punya pasir putih dan tak kalah lembut dengan pantai populer lainnya di Indonesia. Matakus yang tak terdeteksi radar turis ini bisa dicapai dari Kota Saumlaki dengan perahu motor. Penghuni pulau ini pun tak banyak dan selama ini hanya dijadikan pulau singgah bagi nelayan yang sembunyi dari cuaca buruk. Meski belum populer, namun sejak 2015 pemerintah setempat sudah berusaha mempromosikan pulau ini.

Pantai Suluban, Bali

Tidak mengumbar pasir putih yang lembut bukan berarti pantai di Ungasan ini tak menarik untuk didatangi. Suluban yang dikenal juga dengan nama Blue Point Beach ini menggabungkan petualangan dalam gua dan pemandangan pantai yang dramatis dengan tebing-tebing tinggi. Untuk mengeksplor pantainya, pengunjung harus menuruni anak tangga dan masuk ke dalam celah-celah karang yang akan dipenuhi air laut bila laut sedang pasang.

A post shared by Serena Antonia (@serenantonia) on



Pulau Kenawa, Sumbawa Barat

Meski luasnya hanya sekitar delapan hektar, pulau tanpa penghuni yang terkenal dengan padang savananya ini sering diagendakan para turis demi pemandangannya yang cantik. Dikelilingi perairan tenang, pantai di Pulau Kenawa cenderung cocok untuk bersantai sambil bermalas-malasan. Meski pulau sunyi ini lebih sering digunakan untuk camping daripada berjemur di pantai, kecantikan pantainya tetap jadi idola para pemburu vitamin sea.

A post shared by Joshua Foo (@joshuafooo) on

Pink Beach, Flores

Tak hanya di Indonesia, pantai yang sering dikunjungi dalam satu rangkaian paket perjalanan ke Kepulauan Komodo ini juga populer di dunia internasional. Warna merah yang berasal dari pecahan karang yang mati kemudian membentuk kumpulan pasir yang berwarna kemerahan. Menjelang sore, warna merah muda akan semakin terlihat kecantikannya. Pantai berwarna merah muda sebetulnya juga terdapat di beberapa akwasan lain di Flores, seperti di Pantai Namo dan Pulau Padar.

Pulau Arborek, Raja Ampat

Jauh dari hingar-bingar teknologi dan kehidupan kota besar, pulau mungil di gugusan Kepualauan Raja Ampat ini surga bagi yang suka diving dan snorkeling. Selain menikmati pantai dan laut bersih, pulau ini memanjakan para pendatang dengan warganya yang ramah dan kehidupannya yang damai. Tak perlu repot mencari titik terbaik di tengah laut untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Cukup di sekitar dermaga saja!