ETC

Ubud Food Festival Sukses Raih 12.000 Pengunjung




 

Ubud dipenuhi oleh para pencinta kuliner saat ajang Ubud Food Festival (UFF) 2018 Persembahan ABC digrelar pada 13 hingga 15 April 2018 lalu.

Pesta kuliner ini menyajikan 95 lebih kios makanan dan minuman yang menawarkan hidangan dari beberapa daerah di Indonesia dan negara lainnya. UFF juga menyajikan 100 lebih program bersama 100 lebih pembicara yang diadakan di Taman Kuliner dan beberapa hotel serta restoran terbaik di Ubud.

Kerjasama antara UFF dan ABC turut memberikan beragam pengalaman baru bagi para pengunjung dengan menghadirkan beragam kegiatan interaktif yang turut memperkenalkan ragam kuliner Indonesia.

“Dukungan dari ABC ini membuat kami semua sangat bahagia. ABC adalah sebuah merk yang kita semua kenal dan cintai, merk yang sudah saya gunakan di dapur dan restauran-restauran saya lebih dari satu dekade, dan kesamaan visi dan misi antara UFF dan ABC menjadikan kolaborasi ini semakin sempurna.” ujar Janet DeNeefe, Founder & Director UFF melalui siaran pers yang diterima redaksi traveletc.id

Dhiren Amin, Head of Marketing, Kraft Heinz Asia Tenggara, menambahkan, “Ubud Food Festival merayakan keragaman makanan Indonesia. Sebagai merk makanan asli Indonesia, ABC juga memiliki misi untuk memperkenalkan masakan Indonesia dan ragam jenis kuliner dari penjuru Nusantara. Kesamaan visi antara UFF dan ABC ini adalah motif utama kami dalam menjadi Presenting Partner di UFF 2018.”

UFF yang selalu menghadirkan para aktivis kuliner ternama Indonesia dan dunia dalam banyak sesi acara. Foto: dok. Ubud Food Festival

Ubud Food Festival 2018 Persembahan ABC berhasil mencapai target pengunjung yang berupa kenaikan 30 persen dari tahun lalu, yaitu 12,000 pengunjung selama tiga hari penyelenggaraanya. Mereka semua memenuhi sesi-sesi acara UFF seperti demo masak di Kitchen Stage dan Teater Kuliner, panel diskusi di Food for Thought, serta puluhan acara Masterclass dan Special Events atau jamuan ekslusif, dan tidak ketinggalan pemutaran film dan pertunjukan musik. Para pencinta kuliner yang menghadiri UFF ini datang dari pelosok Bali, beberapa kota di Indonesia, dan juga beberapa negara lainnya.

Ada banyak acara yang menjadi highlight Festival, salah satunya adalah pembukaan resmi di Opening Night Party pada tanggal 12 April yang diselenggarakan di Taman Kuliner. Di acara ini UFF memberikan Lifetime Achievement Award untuk mendiang Bondan Winarno, sosok besar industri kuliner Indonesia yang meninggalkan kita semua beberapa bulan lalu.

Penghargaan Lifetime Achievement untuk mendiang Bondan Winarno yang diterima keluarganya pada malam pembukaan Ubud Food festival, 12 April 2018. Foto: dok. Ubud Food Festival

“Terima kasih kepada semua orang, terima kasih telah mengakui ayah saya sebagai seseorang yang bukan hanya tanpa lelah mempromosikan kuliner Indonesia, tapi juga mampu menumbuhkan rasa bangga akan kuliner Indonesia dan membuat kita jatuh cinta pada kuliner Nusantara,” ucap Gwendoline Winarno, puteri mendiang di atas panggung saat mewakilkan menerima penghargaan ini.

Lifetime Achievement Award dari UFF ini diberikan setiap tahunnya kepada sosok-sosok yang berjasa dalam mempromosikan dan memajukan industri kuliner Indonesia.

Kabar bahagia lainnya yang datang dari penyelenggaraan Ubud Food Festival 2018 Persembahan ABC adalah dengan ditetapkannya Ubud sebagai UNWTO Prototipe Destinasi Gastronomi oleh Kementerian Pariwisata Indonesia melalui program Wonderful Indonesia. Wonderful Indonesia sendiri telah mendukung UFF sejak tahun 2017 lalu berkat visi dan misi UFF dalam mempromosikan pariwisata Indonesia melalui bidang kuliner.

“Kemenpar memilih Ubud, Gianyar untuk menjadi UNWTO Gastronomy Destination Prototype dan menjadi destinasi pertama yang akan dibranding sebagai destinasi gastronomy berstandar UNWTO, di mana mereka adalah endorser terbaik di dunia untuk bidang pariwisata,” ujar Vita Datau Messakh, Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar yang juga memberika pidato sambutan di malam pembukaan UFF.