DESTINATIONS

Festival-Festival Seru di Jepang Hingga Akhir Tahun



Daya tarik Jepang tak pernah kehilangan taji untuk dikunjungi di segala musim. Saat musim panas yang cerah, beragam festival perayaan ritual pun digelar. Tapi bukan berarti perayaan ini langsung surut saat musim dingin menjelang. Berikut adalah beberapa festival seru untuk dinikmati di Jepang mulai kondisi cuaca cerah di musim panas hingga udara membeku di musim dingin:  

 

Video:  Alexkato

Soma-Nomaoi Wild Horse Chase (Juli)

Bertempat di kota Haramachi, Prefektur Fukushima, festival ini adalah rekonstruksi pertempuran sengit di zaman Edo yang melibatkan para samurai dengan jazirah tempurnya. Konteks horse chase sendiri berawal dari kisah seorang jenderal di zaman itu yang melepas kuda-kuda liar ke padang luas dan memerintahkan para pasukan kavalerinya untuk menangkap kuda-kuda tersebut. Kuda yang tertangkap dijadikan persembahan untuk para dewa.


Baca juga:
5 Hal Unik Agar Traveling di Tokyo Makin Seru!
Terinspirasi Cosplay, Ini Konsep Unik Moxy Hotel Tokyo


Video: Discover the Spirit of Japan

Sendai Tanabata Festival (Agustus)

Kurang lebih sekitar dua juta orang mengunjungi festival meriah ini. Sudah dirayakan turun-temurun dari generasi ke generasi, festival ini rutin digelar pada 6 hingga 8 Agustus di Sendai, Prefektur Miyagi. Perayaan ini berawal dari Date Masamune, penguasa pertama dari Sendai yang menggelar ritual perayaan khusus untuk memperingati kisah leluhur dari Tiongkok tentang dua buah bintang yang saling jatuh cinta dan menikah namun dikucilkan oleh sang ayah. Bintang perempuan pun kecewa dan memohon pada ayahnya untuk menerima suaminya. Permohonan pun diterima tapi hanya setahun sekali sang ayah mau menerima suami putrinya. Pertemuan ini pun dirayakan oleh warga Sendai dengan menulis permohonan pada selembar kertas yang kemudian dihias dan menjadi dekorasi unik.

 

Video: JapanTravel

Hanamaki Festival (September)

Tradisi perayaan yang tetap lestari selama lebih dari 400 tahun ini dilakukan untuk mengenang Nobuchika Kita. Warga kota Hanamachi akan mengarak Mikochi (replika kuil yang dihias dan bisa diarak) keliling kota dengan pakaian tradisional. Suasananya akan bertambah seru dengan pentas seni dan musik yang digelar selama festival berlangsung.

 

Nanyo Chrysantemum Festival. Foto: nihon-kankou.or.jp

Nanyo Chrysantemum Festival (Oktober)

Prefektur Yamagata punya cara sendiri untuk menyambut datangnya musim gugur. Bila musim semi bunga sakura jadi primadona, maka musim gugur adalah milik bunga krisan. Mulai dari taman bunga krisan hingga pawai boneka dari bunga krisan akan meramaikan festival penanda musim gugur di kota Nanyo ini.  

 

Video: Ganbatte 365

Akashi Taimatsu Festival (November)

Kota Sukagawa di Prefektur Fukushima akan menjadi hangat saat obor-obor besar dinyalakan di malam hari dalam festival yang eksotis ini. Festival yang sudah berusia 400 tahun ini digelar untuk memperingati ketangguhan para samurai yang saat itu sedang gigih mempersatukan Jepang, di mana Sukagawa adalah lokasi terjadinya pertempuran yang paling sengit.

 

Video: Exotic Japan

Sendai Pageant of Starlight (Desember)

Kota Sendai layak diagendakan untuk liburan akhir tahun ini. Pasalnya, kota ini rutin menggelar festival cahaya yang diklaim sebagai salah satu pesta cahaya paling meriah di Jepang. Sebanyak 600.000 lampu Natal akan menerangi pusat kota Sendai selain arena ice-skating di tengah kota yang bebas digunakan oleh siapa saja.