Now Reading:

Akhir Pekan di Bintan, Kunjungi Tempat-Tempat Menarik ini

Hingga kini masih banyak yang bertanya-tanya di provinsi manakah Pulau Bintan berada? Secara geografis Bintan masuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau dan di sini jugalah pusat pemerintahan provinsi berada. Dengan ibu kota bernama Tanjung Pinang, pulau ini termasuk dalam cross border Indonesia karena letaknya yang bertetangga dengan Singapura.

Beberapa tahun belakangan ini industri wisata Bintan mulai bergolak. Bila dulu turis domestik mengabaikan Bintan, kini mulai justru mulai memasukannya dalam daftar liburan. Aksesnya yang mudah juga membuat Pulau Bintan cocok sebagai destinasi pelepas penat di akhir pekan. Beberapa atraksi menarik yang bisa dikunjungi di Bintan adalah:

 

Pulau Penyengat 

Hanya dengan menyeberang 15 menit dengan perahu dari Pelabuhan Sri Bintan Pura  sampailah  ke sebuah pulau bernama Pulau Penyengat. Sepintas pulau mungil ini tampak sunyi dan biasa saja. Namun Pulau Penyengat menyimpan sejarah besar terkait kejayaan Kerajaan Riau di masa lampau.  Masjid Raya Sultan Riau dan makam raja-raja Melayu adalah bukti kebesaran Kerajaan Riau yang masih bisa disaksikan hingga kini. Selain itu ada pula benteng, istana, dan gedung balai.  Tiap tahun pulau yang memiliki luas hanya dua kilometer persegi ini juga konsisten menggelar Festival Penyengat.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yudasmoro Minasiani (@yudasmoro) on


Baca juga:
4 Resort di Bintan ini Sempurna untuk Menyepi


 

Pantai Trikora 

Pantai ini menjadi favorit warga Tanjung Pinang untuk bersantai di sore hari sembari menikmati angin sepoi-sepoi, matahari tenggelam, pasir putih dan udara yang bersih. Pantai favorit warga Bintan ini cukup mudah dijangkau dengan memakan waktu sekitar satu jam berkendara dari pusat kota Tanjung Pinang.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Trikora Beach Club and Resort (@trikorabeachclubbintan) on

 





Baca juga:
Mengintip Tampilan Baru Grand Lagoi di Bintan


Gunung Pasir Busung

Siapa sangka tempat yang dulunya adalah tambang pasir ini kini menjadi salah satu lokasi wisata yang instagenik di Pulau Bintan. Selain bisa berfoto dengan latar bak gurun pasir Sahara, di sini juga disediakan binatang buatan sebagai pelengkap properti berfoto. Hindari waktu tengah hari untuk datang ke sini karena kondisi cuaca yang sangat terik. Gunung Pasir Busung terletak di dekat Pelabuhan Tanjung Uban.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by IVACANZA (@ivacanza) on

 

Treasure Bay Lagoi

Bila berenang di kolam renang sudah cukup membosankan, cobalah datang ke Treasure Bay Lagoi. Dibuka pada 2016, tempat ini menjanjikan kolam renang terbesar di Asia Tenggara. Panjang kolam mencapai 850 meter dengan air laut yang menjadikan pengunjung merasa seperti memiliki pantai privat. Berbagai atraksi air juga disediakan di sini selain kursi-kursi untuk bersantai layaknya di pantai.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Treasure Bay Bintan (@treasurebaybintan.official) on

 

Vihara Patung 1.000 Wajah

Vihara yang bercokol di puncak bukit yang sunyi ini bernama asli Ksitigarbha Bodhisattva. Lokasinya yang terpencil dengan struktur bangunan yang bergaya kerajaan Tiongkok kuno, berada di sini bisa dibilang seperti sedang berada di Tiongkok. Nama 1.000 wajah diambil dari adanya ratusan patung dengan berbagai ekspresi yang ada di vihara ini. Percaya atau tidak, tak ada satu patung pun yang memiliki ekspresi sama!

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nesi (@nesi_aureole) on

 

 

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.