Now Reading:

5 Tempat Kuliner Favorit di Batam

Kepulauan Riau memang belum begitu populer sebagai destinasi andalan untuk wisata kuliner di Indonesia. Padahal Pulau Batam yang berhadapan langsung dengan Singapura ini punya ikatan batin yang kuat dengan budaya Melayu di Malaysia dan kuliner Oriental ala Singapura. Tempat-tempat makan favorit para turis pun mulai tumbuh subur di sini.

 

Mie Tarempa “K”

Tarempa sebetulnya adalah nama ibukota Kepulauan Anambas yang jaraknya harus ditempuh sekitar 20 jam naik kapal PELNI dari Tanjung Pinang, Bintan. Namun kuliner Tarempa justru populer di Batam dan punya banyak penggemar. Mie Tarempa “K” berada di Batam Center dan Sungai Panas. Dibandingkan dengan mi lainnya, jenis ini bentuknya lebih tebal dan disajikan dalam tiga pilihan, yaitu rebus, tumis atau goreng. Rasanya merupakan perpaduan rempah dan kuah ikan atau udang. Rekomendasi kami adalah Mie Goreng Tarempa Seafood yang diberi topping udang dan cumi.

Foto: Fitri Yenti Dirta


 

Morning Bakery

Tak lekang oleh zaman, Morning Bakery kini bisa ditemui di Kepri Mall, Palm Spring bahkan Harbour Bay. Di Bintan dan Tanjung Balai Karimun pun juga bisa ditemui cabangnya, Menu khas Melayu nya sudah bisa dinikmati dari pukul 07:00 dengan best seller: lontong sayur dan nasi lemak. Bila enggan makan berat, cobalah roti jagung manis isi kelapa muda, roti pisang kacang merah dan secangkir teh tarik hangat. Di sini, rasa adalah kunci!

Foto: Fitri Yenti Dirta


 

Sop Ikan Yong Kee

Hadir di Batam Center dan Nagoya, Sop Ikan Yong Kee buka mulai pukul 08:00. Tempat makan favorit ini menyediakan sop ikan dengan tenggiri yang dipenuhi kuah rempah dan taburan tomat segar. Menu lain yang kami rekomendasikan adalah gonggong (sejenis siput laut, makanan khas Kepulauan Riau), cumi goreng tepung dan udang goreng mentega,

Foto: Yudasmoro


 

Martabak Sari Eco

Sejak 1977, kedai martabak ini sudah hadir di Kawasan Niaga Nagoya.Martabak telurnya berisi daging padat dengan pilihan telur ayam atau telur bebek, Bila terbiasa dengan kuah asam sebagai pendamping martabak telur, di sini cobalah kuah kari dengan rasa super gurih. Untuk martabak manis, rekomendasi kami adalah pilihan topping keju. Martabak keju di sini rasanya pas dan tidak terlalu berlebihan kejunya.

Foto: Fitri Yenti Dirta


 

Lapak Deret di Welcome to Batam

Area Welcome to Batam adalah kawasan populer untuk menjajal berbagai jenis kuliner khas lokal dengan harga terjangkau. Kawasan ini sudah mulai ramai dengan penjaja kuliner pada waktu selepas senja. Mulai dari bakso, nasi goreng, otak-otak hingga pempek ada di sini. Tinggal pilih!

Foto: Yudasmoro

 

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.