Now Reading:

Mengintip Desain Mewah Airlander 10, Pesawat Terbesar di Dunia

2016 lalu, dunia aviasi dikejutkan oleh rencana proyek mercu suar dari Hybrid Air Vehicle (HAV) tentang pesawat hybrid terbesar di dunia yang diberi nama Airlander 10. Namun kejutan belum selesai! Di ajang Farnborough Airshow 2018, HAV kembali memberi kejutan dengan merilis bocoran desain interior Airander 10 yang menyita perhatian publik.

Menggandeng firma desain, Design Q, interior pesawat sepanjang 302 kaki ini menggabungkan rancangan pesawat udara dengan otomotif. Namun yang menjadi perhatian adalah tatanan sofa nyaman dan bean bag yang menghiasi kabin, bar yang menghubungkan beberapa area dan kamar mewah yang lebih mirip kamar hotel bintang lima ketimbang pesawat udara.

Itu belum seberapa! Bagi penderita takut ketinggian, sebaiknya ekstra hati-hati saat memasuki kamar mewahnya. Pasalnya, lantai kamar ini sebagian berupa kaca yang memungkinkan penumpang menikmati pemandangan vertikal langsung dari ketinggian 16.000 kaki. Menurut HAV, Airlander 10 mampu membawa 19 penumpang untuk tiga hari penerbangan dan interiornya juga bisa dikustomisasi sesuai nuansa dari perjalanan.

 

Foto: Design Q

 

Perlu diketahui bahwa Airlander 10 bukanlah sejenis pesawat biasa yang berlomba-lomba kecepatan dalam melintasi samudera dan benua. Pesawat hybrid ini lebih menyerupai pelayaran mewah di udara. Kecepatannya pun hanya mencapai 91 mil per jam, kalah jauh dengan Airbus 380 yang mencapai 560 mil per jam. HAV juga mengusung konsep ramah lingkungan pada proyek ini dengan sebutan ‘luxury expeditionary torusim’. Pesawat ini juga dirancang untuk mampu mendarat di mana pun termasuk di air.


“Perjalanan udara saat ini hanya bicara soal terbang dari A ke B. Apa yang kami tawarkan adalah sebuah cara untuk menikmati penerbangan yang sesungguhnya,” terang CEO HAV, Stephen McGlennan seperti dikutip situs BBC.


Saat ini Airlander 10 memang dibangun untuk kepentingan komsersil, namun nantinya juga akan digunakan untuk angkutan kargo dan fasilitas jaringan. HAV juga tak menutup kemungkinan untuk menjadikan Airlander 10 sebagai salah satu armada militer. Hingga saat ini HAV juga belum memastikan berapa harga tiket yang dipatok untuk bisa terbang dengan Airlander 10.

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.