Now Reading:

8 Kuliner Wajib Coba di Vietnam

Ada alasan khusus untuk memilih Vietnam sebagai salah satu destinasi gastronomi unggulan di Asia Tenggara. Vietnam memang tak subur dengan bangunan futuristik seperti Singapura, namun pertemuan budaya di Vietnam telah melahirkan warna unik dalam tatanan kehidupan warganya, yaitu warisan gastronomi yang memadukan tampilan Eropa, terutama Prancis dengan sentuhan lokal.

Beberapa kulinernya bahkan menjadi ikon dan masuk dalam daftar ‘wajib coba’ saat turis datang ke negeri ini. Apa saja?

Phó

Makanan paling populer ini sudah tersebar ke seluruh dunia bahkan jadi idola juga di Indonesia. Mi beras yang disajikan dalam semangkuk sup dengan isian daging (biasanya sapi atau babi) ini rasanya segar berkat kuah beningnya yang  dibumbui kayu manis, daun jeruk, ketumbar, pala, bawang hingga jahe.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Eunice | Toronto food addict (@forkto) on

 

Goi Cuon

Lumpia khas Vietnam ini berbeda dengan yang biasa kita makan di Gang Lombok, Semarak yang digoreng garing. Goi cuon berisi sayuran, daging babi atau udang dan kemudian digulung dengan menggunakan kertas beras yang tembus pandang atau disebut banh trang.  Menyantapnya dengan mencocol goi cuon pada saus nuoc cham.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Viet Mi (@vietmi_streetfood) on

 

Ca Phe

Kopi Vietnam memang sudah mendunia. Tak hanya karena cara meraciknya yang menggunakan phin (alat penyaring), tapi juga karena teknik khusus yang mengharuskan penikmatnya bersabar menunggu tetesan kopi sebelum dicampur dengan susu manis dan siap diminum.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Boo Refaeli (@nnbau) on

 

Bánh Cuon

Hidangan sederhana ini terbuat dari beras kukus yang tipis, dihidangkan dengan bawang goreng, irisan daging (babi atau sapi), mentimun, jamur. Pendampingnya adalah saus ikan (nuoc cham) yang disertai irisan cabai.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Flavoryt (@flavoryt) on

 

Com Tám

Mirip seperti nasi biasa yang disajikan dengan lauk pauk, com tam sebetulnya terbuat dari beras pecah atau beras patah (broken rice) . Lauk yang mendampinginya biasanya potongan daging babi, telur ceplok, dan irisan mentimun.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ăn Cả Mùa Hạ (@ancamuaha) on


Baca juga:
Mau Coba Street Food Terbaik di Dunia? Datangi 7 Kota ini
5 Petualangan Kuliner Rekomendasi Foodie Dunia


Bánh Mi

Makanan populer ini merupakan hasil kawin silang dengan budaya Eropa. Berbentuk roti lapis dari baguettes khas Prancis, bánh mi biasanya diisi daging sapi, babi atau ayam yang dikombinasi dengan acar, wortel, paprika dan irisan cabai.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Darling Square (@darlingsquare) on

 

Chao

Wujudnya sedikit mengingatkan kita akan bubur ayam Indonesia. Bubur lembut ini disajikan dengan daging ayam, ikan atau kadang jeroan, taburan tauge, irisan cakwe dan saus ikan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Charly (@charlyng16) on

 

Banh Xeo

Jajanan favorit traveler ini bentuknya mirip crepes. Terbuat dari tepung beras, kunyit, santan, dan ditumis dengan daging udang, taburan tauge dan selada. Jajanan ini cukup mengenyangkan dan paling lezat disantap saat baru matang.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ben Tre Vietnamese Homestyle (@bentrerestaurant) on

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.