Now Reading:

Dubai? Hong Kong? Bukan, Ini Sri Lanka!

Sri Lanka sedang sibuk merampungkan proyek mercu suarnya yang diberi nama Port City. Menurut laporan Business Insider, mega proyek yang menggandeng investor dari China ini menghabiskan dana sebesar 1,4 miliar dolar Amerika. Dengan total luas area mencakup 665 hektar, kawasan ini nantinya diperkirakan seluas kawasan Central London dan dirancang futuristik menyerupai kota-kota maju, seperti Singapura, Dubai dan Hong Kong.

Sebelumnya pada 1983 hingga 2009, Sri Lanka harus menguras energinya pada perang sipil dengan pemberontak Elang Tamil dan setelah perang usai pun pemerintah lokal masih harus berurusan dengan biaya perang yang tak sedikit.


Baca juga: 8 Alasan Agendakan Sri Lanka untuk Destinasi Liburan Unik


Kurang dari 10 tahun kemudian, Sri Lanka berhasil menyusun rancangan ekonomi yang membawa peluang besar untuk berkembang. Kolombo, ibu kota Sri Lanka yang berpenduduk 750.000 diperkirakan akan segera membengkak jumlahnya pada tahun-tahun mendatang.

Dirancang pada 2004, proyek ambisius Port City sempat terhenti karena perang tak berkesudahan. Masuknya China sebagai investor pun tak berjalan mulus karena Sri Lanka kabarnya sempat tak sanggup membayar utang pada China. Pada 2014 bahkan Sri Lanka sempat menghentikan proyek Port City karena isu lingkungan.

China Harbour Engineering Company yang menangani proses pembangunan garis pantai dikabarkan juga telah menyediakan dana sebesar tujuh juta dolar Amerika untuk dibagikan pada asosiasi nelayan selama tiga tahun.

Mimpi besar Sri Lanka untuk menjadi destinasi andalan turis dunia memang tak main-main, apalagi setelah kitab pejalan dunia, Lonely Planet menyebut Sri Lanka di posisi teratas sebagai destinasi wajib kunjung di 2019. Seperti yang dilaporkan The Guardian, perkembangan pesat pariwisata di Sri Lanka juga ditunjang banyak hal, seperti sistem transport yang makin membaik, hotel-hotel baru yang banyak bermunculan dan aktivitas pariwisata yang menarik.

Beberapa ilustrasi Port City yang dirilis Business Insider cukup mengecoh mata karena sepintas foto-foto tersebut mirip kota maju lainnya di dunia. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Rancangan Colombo International Financial Centre yang mengintegrasikan pusat belanja, perkantoran dan taman budaya. Foto: Business Insider/CHEC Port City Colombo (Pvt) Ltd


Mendapat suntikan dana investor sebesar 1,4 miliar dolar Amerika, biaya untuk reklamasi pantai justru melambung dua kali lipatnya. Foto: Business Insider/CHEC Port City Colombo (Pvt) Ltd


Pusat kota yang ditata nyaman, transportasi umumnya dirancang mampu menampung 250.000 orang dan terintegrasi dengan tempat-tempat bisnis dan atraksi wisata. Foto: Business Insider/CHEC Port City Colombo (Pvt) Ltd

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.