Now Reading:

5 Tips Memilih Sepatu Bot Agar Petualang Tampil Trendi

Sepatu bot sering diidentikkan dengan sebuah perjalanan panjang dan berat, tampilan kotor dan penampakan yang kasar. Padahal sepatu bot justru cukup mudah dipadupadankan dengan gaya berpakaian yang kasual dan trendi. Memilih sepatu bot juga tak bisa sembarangan karena sebetulnya sepatu jenis ini justru memberikan banyak kenyamanan pada kaki.

Berikut adalah tips yang bisa diikuti agar tetap nyaman saat memakai sepatu bot sehari-hari:

 

Ukuran yang Tepat

Kaki bisa berubah ukuran akibat berat badan yang naik atau turun, jadi sebaiknya ukurlah panjang, lebar, dan lengkungan kaki agar benar-benar mengetahui ukuran kaki. Ukurlah kedua kaki karena kaki kiri dan kaki kanan tidak selalu sama. Selain itu, sebaiknya kamu mencoba dan membeli sepatu di sore atau malam hari karena kaki akan sedikit membesar setelah aktif seharian. Terakhir, gunakan kaus kaki saat mencoba bot untuk memastikan bahwa sepatu tetap nyaman walaupun ada lapisan kaus kaki yang tebal.


Baca juga: 5 Duffel Backpack ini Bakal Bikin Traveling Makin Gaya


Insole yang Nyaman

Insole adalah bagian dalam sepatu yang menyentuh telapak kaki. Insole yang bagus menyangga setiap bagian dari kaki namun tetap fleksibel mengikuti gerakan kaki. Saat mencoba sepasang bot, berjalanlah di sekitar toko agar kamu merasakan seberapa nyaman kakimu saat bergerak. Selain berjalan, berdirilah di ujung jari kaki untuk mengetahui apakah jari-jari kaki mempunyai cukup ruang untuk merenggang keluar atau malah terbentur di ujung dan atas sepatu. Kemudian, naikkan tumit seakan mau naik tangga untuk mengetes apakah tumitmu bergeser-geser di dalam sepatu. Bot yang bagus akan mencengkram tumit dengan pas agar kamu bisa berjalan dengan nyaman.

 

Empat Macam Tes

Kamu juga harus mengetes fleksibilitas dari bagian luar dan atas bot karena karena ini akan sama-sama mempengaruhi kenyamanan. Tes bisa dilakukan dalam empat cara yaitu menekuk toebox, atau bagian depan sepatu dimana jari-jari berada, ke atas. Bot harus cukup fleksibel untuk menekuk sedikit, tapi tidak sampai setengah sepatu. Periksa juga apakah ada penyangga untuk bagian lengkungan kaki dan selalu pilih bot yang mempunyai hak yang lebar dan tebal karena ini akan membantu menjaga keseimbangan.


Baca juga: 8 Hal yang Bakal Jadi Tren Wisata di 2019


Bagian Luar Tahan Air

Bot adalah sepatu yang bisa digunakan untuk kegiatan di dalam dan di luar ruangan. Kalau kamu memilih bot karena kamu orang yang aktif, pastikan bahwa kamu memilih bot yang bagian luarnya tahan air. Bahan tahan air ini akan memungkinkan kamu untuk menggunakan bot dalam keadaan dan cuaca apapun, baik saat cerah atau hujan. Keliman sepatu juga harus rapat untuk semakin melindungi kaki dari basah dan lembab.

 

Terbuat dari Kulit atau Sintesis

Bot umumnya terbuat dari kulit, seperti full-grain atau nubuck, atau bahan sintetis, termasuk bahan berteknologi tinggi seperti Cordura yang tahan dari goresan. Pilihlah bot yang terbuat dari bahan yang tidak hanya sesuai dengan gaya hidupmu, tapi juga kesediaanmu untuk merawat bahan tersebut. Bahan kulit lama-lama akan menyesuaikan dengan kaki tapi kamu harus merawat kulit dengan seksama supaya tidak kering dan pecah. Sementara itu, bahan sintetis lebih mudah dirawat tapi tidak akan seelegan sepatu bot klasik.

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.