Now Reading:

Menghidupkan Kembali Sorgum di Kaum Jakarta

Restoran besutan Potato Head Family, Kaum Jakarta menjalin kolaborasi dengan Sorghum Foods Indonesia dan Cahaya Naturals untuk kembali menghidupkan salah satu bahan pangan utama Indonesia yang nyaris terlupakan, yaitu sorghum (sorghum bicolor) dan nyamplung atau tamanu (Calophyllum inophyllum). Acara yang digelar pada Kamis (28/2) ini juga dihadiri oleh Novan Satrianto, CEO Sorghum Foods Indonesia dan Amadeus Yeremia Pribowo, Co-Founder Cahaya Naturals.

Sorgum sebagai makanan utama dan olahan untuk berbagai masakan layak untuk diperkenalkan kembali karena nutrisi yang kaya terutama serat, mineral, dan protein. Sorgum sendiri adalah tanaman yang masuk dalam keluarga tanaman serealia atau biji-bijian dan termasuk dalam kategori keluarga tanaman jenis rumput-rumputan. Di dunia, sorgum termasuk dalam lima tanaman biji-bijian penting di dunia bersama dengan padi, jagung, gandum dan barley.

Pengembangan sorgum juga bisa bermacam-macam, di antaranya adalah sebagai serat, farmasi, pupuk, pakan, energi dan tentunya bisa dikemas dengan menyenangkan (fun).  Limbah sorgum pun bisa diolah menjadi kertas. Jadi sorgum tak menyisakan limbah yang dibuang ke alam. Batang sorgum yang manis bisa diolah menjadi gula, nektar atau sirop. Sementara, untuk ethanol, sorgum terbukti juga bisa dijadikan bahan bakar.

Sementara tanaman nyamplung banyak ditanam di wilayah pesisir Indonesia, dari Pulau Seribu, Ujung Kulon, Alas Purwo, Pangandaran hingga Biak di Papua dan bisa digunakan untuk minyak esensial dan perawatan kulit alami selain juga bisa digunakan sebagai bahan bakar nabati.

 

Nasi goreng sorgum. Foto: Kaum Jakarta

 

Di Kaum Jakarta, sorgum juga akan hadir sebagai hidangan khusus pada 1 hingga 31 Maret 2019 dengan berbagai pilihan menu, seperti Trancam Sorgum yang terdiri dari sorgum matang, mentimun segar, kacang polong, basil lemon, rempah-rempah dan kelapa parut; Nasi Goreng Sorgum Daging Se’i, berupa sorgum goreng dengan cabai hijau, dan irisan daging asap khas Nusa Tenggara Timur; dan Nasi Campur Sorgum yang terdiri dari sorgum kukus dibumbui bunga jahe, cabai merah, campuran rempah,  dan teri kering yang disajikan dengan sate buntel, sorgum goreng dan saus wortel khas Kaum.

Selain itu akan ada sesi Afternoon Tea bersama Cahaya Naturals setiap Sabtu pukul 14:30 hingga 17:00 pada 16, 23 dan 30 Maret. Bagi yang ingin tahu lebih dalam tentang khasiat tanaman nyamplung, Cahaya Naturals juga menggelar workshop pada 16 Maret (Essential Oil Roll On), 23 Maret (Beauty Body Oil bersama Tamanu Oil) dan 30 Maret (Rejuvinating Night Cream bersama Tamanu Oil).

Dalam rangka memperingati International Day of Forests, digelar juga jamuan makan malam pada 21 Maret pukul 18:30 dengan harga Rp 450.000++ Makan malam ini hanya untuk 45 orang dengan menu khusus menggunakan bahan-bahan makanan dan minyak esensial dari Sorghum Foods Indonesia dan Cahaya Naturals.

 

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.