Now Reading:

10 Restoran dan Kafe Favorit Foodie di Ipoh

Karena lokasinya yang berada di antara Kuala Lumpur dan Penang, Ipoh juga tak jarang dijadikan satu paket kunjungan oleh para turis yang ingin menuju ke Penang. Kota yang kaya budaya ini memadukan unsur tradisional dengan fitur modern, termasuk tempat-tempat makan yang legendaris hingga kafe-kafe kekinian yang menyajikan menu menggoda. 10 di antaranya mungkin bisa jadi referensi saat mengunjungi kota di Negara Bagian Perak ini.


Traveller’s Choice:
6 Penginapan Terpencil di Malaysia untuk Menyepi dari Rutinitas
7 Lokasi Instagenik di Kuala Lumpur Selain Menara kembar


Nasi Ganja Ipoh

Jangan terpengaruh dengan namanya! Sebutan ‘nasi ganja’ sebetulnya mengacu pada kebiasaan pelanggan yang bila sudah sekali mencicipi menu di sini langsung ketagihan dan kembali lagi nantinya. Salah satu tempat makan yang dijagokan para foodie ini cukup mudah ditemukan mengingat popularitasnya. Lauk yang tersedia di sini adalah ayam, daging sapi hingga ikan dan kari, mirip dengan warung makan Padang di Indonesia. Bila jam makan siang tiba, siap-siaplah untuk antre panjang dan mengular, meski dalam tradisi Malaysia, antrean panjang berarti restoran ini memang enak makanannya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ipoh_lover (@ipoh_lover) on


Restoran M. Salim

Jangan bingung! Restoran ini memang punya dua cabang, yaitu di Jalan Yang Kalsom dan di Jalan Tokong. Menu-menunya halal dan bagi penyuka makanan berkari dan bumbu kental, tempat ini adalah rekomendasi utama. Cicipi saja kari kepala ikan, ayam goreng asin dan kari kambing yang jadi favorit banyak pelanggannya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Haida Eyda (@noorhaidaz) on


Baca juga:
Mengandalkan Kecantikan Tepi Pantai, Ini Kemewahan The Ritz-Carlton Langkawi
10 Hotel Pilihan di Asia Tenggara untuk Sembunyi dari Keramaian Kota Besar


Kannaas Banana Leaf

Lokasinya dekat dengan terminal bus Medan Kidd dan bisa jalan kaki dari stasiun kereta api Ipoh. Datanglah lebih awal untuk santap siang dan santap malam karena restoran ini tak pernah sepi pengunjung saat jam makan tiba. Pengunjung setianya rela antre demi menikmati basi biryani yang dimasak dalam bambu dan disajikan selagi panas di atas selembar daun pisang bersama lauk-pauknya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by eat.sleep.travel.repeat (@justanabdul) on

 

Central Point Food Court

Food court khas Malaysia ini letaknya di sebelah mal Parkson Ipoh Parade. Bila tak ingin repot blusukan mencari makanan lokal, tempat ini adalah pilihan tepat karena menyediakan banyak pilihan khas makanan lokal seperti nasi ayam hingga berbagai menu mi.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yong Soo Len (@soo_len) on


Cendol Deen CT Corner

Cendol sendiri memang bukan kudapan khas Ipoh secara khusus, namun setidaknya hidangan segar ini adalah salah satu sajian khas Malaysia yang populer. Indonesia sendiri memang juga punya cendol, namun cendol Malaysia dengan segala tampilannya yang khas bukan berarti tak menarik untuk dinikmati. Toping cendol di kedai mungil ini bermacam-macam, seperti jeli, kacang merah dan tapai manis. Dengan harga cukup murah, mencicipi cendol di Ipoh juga disarankan sebagai hidangan penyegar atau pencuci mulut setelah puas kulineran seharian.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Omnomnomnivore (@omnomnomnivore_msia) on


One cannot think well, love well, and sleep well if one has not dined well” – Virginia Woolf


Burps & Giggle

Setelah lelah seharian mengeksplor Ipoh, mampir saja di kafe nyaman yang bergaya nyeni dengan sentuhan Bohemian ini. Interiornya dihiasi berbagai kutipan kata-kata yang nyeleneh dan pengunjung bisa menjumpai para seniman di pojok kafe sambil membeli karya mereka. Tentunya tak lupa sambil mencicipi berbagai hidangan ringannya seperti jus, teh, espresso dan late.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Burps & Giggles (@burps.and.giggles) on

Plan B

Bagi penyuka kopi, kafe yang berlokasi di kawasan Kota Tua Ipoh ini wajib disambangi karena penyajian kopi artisannya yang istimewa. Ipoh adalah salah satu dari enam cabangnya yang tersebar di penjuru Malaysia dan di sini para pengunjung akan disambut dengan nuansa industrial yang kental dengan dinding batu bata merah dan dekorasi dari baja. Bila enggan sarapan di hotel, Plan B bisa menjadi pilihan untuk bersantap dan mengawali hari sebelum mengeksplor Ipoh.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SONIA (@soniawong___) on

Cafe de Eight

Meskipun lokasinya agak sulit ditemukan, amun kafe mungil ini menyambut tamunya dengan suasana tempo dulu dan selaras dengan lokasinya di kawasan kota tua. Interiornya dihiasi poster-poster jadoel dan buku-buku lawas. Makanan dan minuman yang ditawarkan harganya juga terjangkau dengan porsi yang mengenyangkan. Makan siang atau sekadar mengudap di sore hari adalah momen terbaik di kafe ini sembari mengambil beberapa foto untuk media sosial.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 八号咖啡洞 Cafe de Eight (@cafedeeight) on

Greentown Dim Sum Café

Lokasinya dekat dengan MBI Clock Tower, ini adalah satu-satunya restoran dim sum yang bersertifikat halal di Ipoh. Dim sum andalannya adalah udang dan ayam barbekyu selain menu lain juga tersedia, seperti nasi goreng, mi dan nasi ayam ketan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ipoh_lover (@ipoh_lover) on

 

Thumbs Cafe

Berada di Greentown, kafe ini dikelola oleh seorang Muslim, jadi tak perlu khawatir karena semua menunya dipastikan halal. Memasuki kafe ini serasa diajak untuk bertualang keliling dunia karea interiornya dipenuhi barang-barang yang mewakili negara-negara di seluruh dunia, sedangkan eksteriornya bergaya rumah Melayu yang sederhana dan penuh kehangatan. Menu-menunya cukup variatif karena terdiri dari makanan Barat seperti pasta, ayam panggang dan daging domba; serta makanan Malaysia seperti nasi ayam dan aneka mi goreng.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by THUMB’S Café IPOH (@thumbscafe) on

 

 

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.