Now Reading:

Musim Sakura Tiba! Ini 10 Tempat Terbaik untuk Menikmatinya

Mekarnya sakura adalah salah satu momen paling dituggu tak hanya oleh warga Jepang, namun juga semua pejalan di dunia. Berkat prediksi dari Japan Meteorological Corporation (JMC) kini musim mekarnya sakura dapat dengan mudah dan lebih akurat untuk diprediksi. Sebetulnya ada sekitar 1.000 tempat strategis dan rmantis untuk menikmati mekarnya sakura di seantero Jepang. Namun setidaknya 10 tempat berikut dapat membantu siapa pun yang penasaran ingin menikmati langsung indahnya musim sakura di Jepang:

 

Kyoto Botanical Garden

Dengan jarak yang cukup dekat dengan Stasiun Kitayama, Kyoto Botancial Garden adalah lokasi favorit untuk melakukan banami (menikmati keindahan bunga – dalam bahasa lokal). Tujulah tanaman sakura yang berada di pusat taman untuk pemandangan yang maksimal. (Waktu kunjungan terbaik: 30 Maret – 7 April)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @juni7952 on



Danau Kawaguchiko

Salah satu lokasi paling cantik dan fotogenik adalah Danau Kawaguchiko yang menawarkan Gunung Fuji sebagai latar foto bunga sakura yang berwarna cerah. Ini adalah satu dari lima danau yang berada di sekitar Gunung Fuji dan Kawaguchiko termasuk yang paling sering dikunjungi turis karena fasilitas wisatanya yang paling lengkap dan posisi fotonya yang strategis. (Waktu kunjungan terbaik: 6 – 22 April)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Timor Cohen (@timmicohen) on

 


Traveller’s Choice:
Ini Dia Waktu dan Lokasi Terbaik Menikmati Sakura di Korea
Selain Romantis, 7 Kota di Jepang ini Juga Instagenik


Hirosaki Castle Park

Istana ikonik yang sering tampil di kartu pos ini ibarat surganya instagrammer saat musim sakura mekar tiba. Pasalnya, tempat ini juga memiliki kawasan taman yang ditumbuhi sekitar 2.500 pohon sakura dan danau cantik yang membelah taman. Dari stasiun JR Hirosaki, naiklah bus ke Shiyakusho-mae untuk mencapai lokasi ini. (Waktu kunjungan terbaik: 23 April – 5 Mei)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 弘前公園(青森県弘前市) (@hirosakipark) on



Gunung Yoshino

Berlokasi di Prefektur Nara, Gunung Yoshino sudah lama menjadi lokasi favorit para pemburu sakura saat musim mekarnya tiba. Pohon sakura yang tumbuh liar di lereng bukit ini diperkirakan sudah berusia 1.300 tahun dan bukit ini dipenuhi dengan 30.000 pohon yang akan berbunga secara bersamaan saat musimnya tiba. (Waktu kunjungan terbaik: 5 – 14 April)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ken (@kyoto_fan_jp) on

 


Baca juga:
Kenali 8 Hal Unik ini Sebelum Traveling ke Jepang
7 Kuil Paling Fotogenik di Jepang


Kakunodate

Dulu kawasan ini dikenal sebagai Distrik Samurai mengingat pernah ada 80 keluarga samurai yang mendiami tempat ini. Kokudate terkenal dengan suasana asrinya dan banyaknya lapangan hijau terbuka. Pohon-pohon sakura yang ada di sini adalah kiriman dari Kyoto pada zaman Edo dulu dan para samurai sendiri yang menanam pohon-pohon sakura ini saat itu. (Waktu kunjungan terbaik: 23 April – 6 Mei)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by fromtokyo (@worldworldworld77) on



Yoyogi Park

Salah satu lokasi paling favorit untuk menikmati mekarnya sakura di pusat Tokyo adalah di taman dekat Shibuya ini. Ada sekitar 600 pohon sakura di taman ini yang asri dan fotogenik ini. Yoyogi Park sendiri dulunya pernah menjadi perkampungan atlet untuk Olimpiade Tokyo 1964 dan pemukiman tentara Amerika Serikat. (Waktu kunjungan terbaik: awal April)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by JAPAN EXPLORER/ TIPS & TRAVELS (@japanexplorer) on

 


Baca juga:
8 Tempat Menyepi di Jepang yang Jarang Diketahui Turis
5 Hal Seru di Tokyo agar Traveling Lebih Berksesan


Shinjuku Gyoen

Beda dengan taman biasanya, taman seluas 144 hektar ini mematok harga tiket untuk pengunjungnya. Memiliki 1.000 pohon sakura, tempat ini juga mengoleksi belasan jenis pohon sakura yang saat mekar warnanya pun akan berbeda-beda. (Waktu kunjungan terbaik: 22 Maret – 7 April)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by お馬さん (@alcheringa_kk) on

 

Nakameguro

Keunggulan tempat ini adalah adanya kanal besar yang membelah lokasi dengan deretan pohon sakura yang tumbuh di sisinya. Saat musim semi tiba, lokasi cantik ini akan tampil bak negeri dongeng dengan kanal yang dihiasi sakura berwarna merah muda di sepanjang tepinya. Saat digelarnya Nakameguro Sakura Festival, pohon-pohon sakura di sini juga akan diberi lampu hias yang akan tampil cantik di malam hari. (Waktu kunjungan terbaik: 23 Maret – 9 April)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jerome Quesnel (@jerome.quesnel) on



Himeji Castle

Istana yang menjadi langganan tampil di kartu pos dan media sosial ini bisa dicapai dari Tokyo dengan kereta selama empat jam perjalanan. Kemegahan istananya memang banyak diincar para turis, namun yang menjadi primadona di sini adalah bunga sakura yang mekar tiap musim semi. Ada dua area di mana turis bisa menikmati sakura dengan gratis, yaitu Senhimebotanen Garden dan Sannomaru. Sedangkan di Nishnomaru, pengunjung harus membayar tiket. (Waktu kunjungan terbaik: 26 Maret – 5 April)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Офис по туризму Японии (JNTO) (@visitjapan.ru) on


Kawazu

Di sinilah sakura pertama mekar sebelum diikuti wilayah lainnya di Jepang. Ada sekitar 8.000 pohon sakura yang tumbuh di daerah Izu Pensinsula ini dengan bunga-bunganya yang berwarna merah muda dan putih di awal Februari hingga Maret. Di musim tersebut, festival sakura pun digelar di sepanjang sungai yang mengaliri kota ini. (Waktu kunjungan terbaik: Februari hingga awal Maret)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Un Gaijin Au Japon (@ungaijinaujapon) on

 

 

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.