Now Reading:

Ramah Lingkungan ala Capella Ubud

Tak banyak penginapan yang menyandang label ‘ramah lingkungan’ dengan benar-benar berkomitmen pada pelestarian alam sekitarnya seperti yang dilakukan Capella Ubud. Resort berkonsep tenda mewah besutan Capella Hotels & Resorts ini tak pernah lelah meluncurkan program ramah lingkungan sebagai aksi menjaga lingkungan sekitarnya dan membangun pariwisata yang berkelanjutan.

Memasuki kawasan Capella Ubud di Desa Keliki serasa memasuki sebuah taman nasional yang asri dan jauh dari aktivitas kota. Dengan hunian berbentuk tenda-tenda mewah rancangan eksklusif dari Bill Bensley, Capella Ubud memperkenalkan kepada tamunya dogma ‘minimal intervention‘ yang berlaku di lokasi.



Berbeda dengan hunian lainnya yang juga mengusung konsep ramah lingkungan, Capella Ubud memastikan tak ada pohon yang ditebang selama proses pembangunan hunian dan bahkan beberapa pohon justru dibiarkan tumbuh di tengah-tengah akomodasi dan restoran.

Nuansa Bali pun terasa kental saat berada di sini berkat interior kamar yang sarat dengan gaya tradisional Bali dan hutan hujan khas Ubud yang mengelilingi resort.



Komitmen untuk Alam dan Warga Lokal

Untuk memenuhi kebutuhan kulinernya, Capella Ubud mengembangkan kebun organik, peternakan udang karang dan penangkaran sarang lebah. Nantinya, hunian asri ini juga akan memperluas kebunnya dan memaksimalkan kerjasama dengan penduduk lokal untuk bahan pangan yang segar.

Tak berhenti di situ, Capella Ubud juga sudah merencanakan program bantuan beasiswa yang akan mengajarkan ketrampilan pelayanan wisatawan dan bahasa Inggris  pada warga setempat. Program ini tidak membebankan biaya pada para siswa melainkan justru mereka wajib membawa sampah botol plastik pada setiap sesi belajar untuk kemudian didaur ulang oleh tim dari Capella Ubud.

Hunian ini juga memberlakukan peraturan yang melarang penggunaan plastik sekali pakai sebagai komitmen dari program PACT (Plastic ACTion) yang digaungkan World Wild Fund (WWF) dan didukung oleh Badan Lingkungan Nasional Singapura (NEA).



 

 

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.