Now Reading:

5 Kota Populer ini Dikira Ibu Kota Negara, Padahal Bukan

Kota-kota besar yang menjadi bucket-list wisata sering kali disangka sebagai ibu kota negara. Padahal, kota-kota tersebut biasanya hanya menjabat sebagai pusat kegiatan ekonomi. Itu sebabnya popularitasnya jauh mengalahkan ibu kota negara yang memang seharusnya tak perlu populer karena hanya berfungsi sebagai pusat administrasi pemerintahan.


Traveler’s Choice:
7 Alasan Untuk Jatuh Cinta dengan Melbourne
Surga Pulau-Pulau Tropis di Okinawa


 

Sydney, Australia
Tak sedikit yang menyangka bahwa Sydney adalah ibu kota dari benua Australia berkat popularitasnya sebagai salah satu destinasi wisata dunia. Bayangkan saja, gedung opera yang megah dan ikonik, jembatan Sydney Harbour, dan pantai Bondi yang populer tentu saja memperkuat persepsi orang bahwa Sydney adalah pusat pemerintahan Australia. Padahal Sydney adalah ibu kota dari Negara Bagian New South Wales, bukan Australia dan ibu kota Australia sendiri adalah Canberra.

View this post on Instagram

A post shared by Sydney, Australia (@sydney) on


Editor’s Choice:
7 Hal yang Membuat Liburan dengan Royal Carribean Tak Pernah Membosankan
Selain Phuket, Ini 10 Pantai Fotogenik di Thailand


 

Rio de Janeiro, Brasil
Bila ditanya apa saja yang terbayang jika mendengar nama Brasil, mengkin jawaban paling lazaim adalah sepak bola, Pele, Rio Carnival, dan Rio de Janeiro sebagai kotanya yang ikonik dengan patung Kristus yang memberkati kota. Banyak juga yang mengira bahwa Rio de Janeiro adalah ibu kota dari Brasil berkat popularitas dan kepadatannya. Tapi sebetulnya ibu kota Brasil adalah Brasilia, sebuah kota hijau yang dirancang dengan konsep ekstra modern. Dari Rio de Janeiro, Brasilia berjarak sekitar 1,5 jam penerbangan. Rio de Janeiro memang pernah ketumpuan menjadi ibu kota Brasil, namun sejak 1960 perannya digantikan Brasilia karena kepadatan kota yang membuat jalannya pemerintah jadi kurang efisien.

View this post on Instagram

A post shared by Columbus assicurazioni (@columbusassicurazioni) on



 

Istanbul, Turki
Banyaknya penerbangan internasional dengan rute ke Istanbul dan destinasi wisatanya yang populer bukan berarti Istanbul adalah ibu kota Turki. Setelah berganti nama dari Konstantinopel, Istanbul memang pernah memangku jabatan ibu kota Turki, namun pada 1923, Mustafa Kemal Ataturk memindahkannya ke Ankara. Namun, keputusan politis ini tak menjadikan Istanbul mati gaya. Kini Istanbul malah berkembang menjadi salah satu destinasi wisata populer dunia tanpa campur tangan politisi di dalamnya.

View this post on Instagram

A post shared by Alexandra Saper (@thewayfaress) on

 

Vancouver, Kanada
Sebagai salah satu kota populer di Kanada, ketenaran Vancouver memang mengalahkan Ottawa, ibu kota Kanada. Vancouver sendiri adalah kota terbesar di Provinsi British Columbia dan sering disebut sebagai kota tercantik di Kanada. Beberapa atraksi wisata yang berada di sini adalah Capilano Suspension Bridge, Science World, Queen Elizabeth Park, dan Stanley Park yang ikonik.

View this post on Instagram

A post shared by Vancouver Vibes (@vancouver.city.vibes) on



 

Johannesburg, Afrika Selatan
Warga Afrika Selatan sering menyebut nama kota ini dengan sebutan “Jozi”. Sebagai pusat bisnis, Johannesburg memiliki tingkat kepadatan dan keramaian yang cukup tinggi. Popularitasnya sudah lama terbangun berkat tambang emas yang ditemukan di sekitar kota. Namun begitu, Afrika Selatan sendiri tidak menjadikan Johannesburg sebagai ibukota negara dan negara ini cukup unik karena memiliki tiga kota sebagai pusat pemerintahan, yaitu Cape Town, Pretoria dan Bloemfontein.

View this post on Instagram

A post shared by Johannesburg South Africa (@cityofjohannesburg) on

Facebook Comments
Share This Articles