Now Reading:

6 Skill Wajib untuk Beraksi ala Masterchef


Bermodal hobi masak saja tak cukup untuk menjadi seorang chef profesional. Banyak hal yang harus dipelajari dalam jagad memasak untuk bisa sepenuhnya memegang komando di dapur restoran dan hotel berbintang. Bila tertarik untuk menggeluti profesi ini, beberapa skill berikut wajib dipelajari dan dikuasai.


Travelers’ Choice:

Laksa Singapura, Pengobat Rindu Wisata ke Negeri Singa


 

1. Memilih bahan makanan

Skill pertama yang wajib dimiliki seorang chef profesional adalah kemampuan memilih bahan makanan. Restoran dan hotel berbintang tentunya memiliki standar tinggi dalam menyajikan hidangan kepada pelanggan mereka. Kualitas hidangan berkaitan erat dengan kualitas bahan masakan itu sendiri. Sebagai seorang chef profesional, harus dapat memilih bahan makanan yang benar-benar berkualitas baik dan segar. Dengan begitu bisa menjamin kualitas dan kesegaran masakan yang disajikan.

2. Knife skill

Meski terdengar sederhana, sebenarnya memotong bahan-bahan makanan memiliki aturannya sendiri. Misalnya, aturan memotong bawang saja bisa berbeda sesuai dengan jenis makanan yang dimasak. Selain itu juga dituntut untuk mampu memotong bahan makanan secara cepat, rapih, dan presisi. Hal ini berkaitan erat dengan efektivitas waktu yang dimiliki untuk memasak.

TRENDING:  5 Sajian Manis Ala Timur Tengah Buat Buka Puasa

Seorang chef profesional juga dituntut untuk tahu benar mengenai jenis-jenis pisau dan kegunaannya masing-masing. Ketika sudah menguasai skill ini, tentu akan bisa memotong setiap bahan secara lebih cepat dan tepat. Pastikan juga pisau yang dipakai terjaga ketajaman dan kebersihannya. Jangan sampai menyajikan buah, tapi malah beraroma bawang.


Photo by cottonbro from Pexels


3. Mengolah bahan makanan

Kemampuan mengolah bahan masakan dimulai dari mencuci bahan masakan, cara memotongnya, memarinasi, dan lain sebagainya sesuai dengan masakan yang dibuat. Kemampuan mengolah bahan makanan  berkaitan erat dengan pemahaman terhadap masing-masing bahan masakan itu sendiri. Seorang chef dituntut untuk mengetahui metode yang tepat untuk digunakan untuk masing-masing bahan masakan sesuai dengan jenis masakan yang akan dibuat.

4. Memahami resep masakan

Seorang chef dituntut untuk menguasai jenis-jenis masakan, mulai dari hidangan Indonesia, Western, hingga masakan dari berbagai negara lain tergantung pada restoran tempat bekerja. Beberapa restoran juga memiliki signature dish masing-masing. Jadi besar kemungkinannya nanti seorang chef juga dituntut untuk mengembangkan resep dan menciptakan menu-menu baru.

TRENDING:  Teh Tarik, Minuman Pemersatu Malaysia

Travelers’ Choice:

4 Makanan Jepang untuk Setiap Musim. Wajib Coba!


5. Manajemen waktu

Berbeda dengan memasak di rumah yang bisa dilakukan dengan santai, saat bekerja di restoran chef dituntut untuk cepat dan tepat. Terdapat batas waktu yang dimiliki untuk menyiapkan masing-masing masakan. Hal ini dikarenakan restoran dan hotel berbintang memiliki standar pelayanan. Salah satunya adalah dengan tidak membiarkan pelanggan menunggu terlalu lama.

Kemampuan manajemen waktu akan makin dibutuhkan di saat jam-jam sibuk. Semakin banyak pelanggan maka harus bisa bekerja secara lebih cepat dan efektif. Tentu saja dengan tidak mengabaikan kualitas makanan yang dibuat.

6. Menjaga kebersihan dan kerapihan dapur

Satu lagi skill yang harus dimiliki oleh seorang chef profesional adalah kemampuan untuk menjaga kebersihan dan kerapihan dapur tempat bekerja. Kebersihan dapur menjamin kebersihan masakan yang dihasilkan. Selain itu, kerapihan dapur juga akan membant untuk bekerja secara lebih cepat dan efektif. Kalau semua alat tertata pada tempatnya, seorang chef akan bisa menemukan alat yang dibutuhkan dengan mudah.

TRENDING:  Restoran Prancis, La Maison 1888 Raih Penghargaan

 

(Artikel ini didukung oleh Batam Tourism Polytechnic)

Featured Photo by cottonbro from Pexels

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles