Now Reading:

7 Alasan Liburan ke Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia


Menjadi bahagia adalah tujuan hidup banyak orang dan ada banyak cara untuk menjadi bahagia. Itu sebabnya PBB juga rutin merilis laporan World Happiness Report yang mengumumkan daftar negara di dunia berdasarkan nilai kebahagiaan. Dari 10 besar teratas yang dianggap paling happy hingga 10 besar rangking bawah yang dianggap paling miris dan tidak bahagia.

Pada 2021 Finlandia selama empat tahun berturut-turut berhasil menjaga posisinya di urutan teratas ssebagai negara paling bahagia sedunia. Padahal negara Skandinavia ini rekat dengan musim dingin yang berkepanjangan dan konon kulinernya pun tak semeriah Italia atau Spanyol. Lalu, bagaimana mungkin negeri dingin ini bisa jadi begitu bahagia?

Berikut rangkuman alasan setidaknya sekali dalam seumur hidup untuk menjajaki negeri paling happy sejagad ini:

 

Melihat Aurora Borealis

Fenomena langit utara ini memang menajdi impian banyak orang, terutama para pejalan yang ada di negeri tropis dan dekat khatulistiwa. Pasalnya, keajaiban langit malam ini memang hanya terdapat di beberapa negara dekat Lingkar Kutub, dan Finlandia adalah salah satunya. Dijuluki juga sebagai “Northern light”, menyaksikan Aurora Borealis memang untung-untungan. Di musim dingin, cahaya ajaib ini bisa ditemui di Lapland, kawasan yang jauh dari keramaian kota besar dan punya langit malam yang bersih sepanjang musim.

Foto: Pixabay

Merasakan Sauna Alami

Sauna adalah bagian dari kultur orang Finlandia. Itu sebabnya negara ini punya sekitar 3 juta sauna yang artinya satu orang di Finlandia punya jatah lebih dari satu tempat sauna saja. Bahkan warga setempat percaya bahwa rumah tanpa tempat sauna bukanlah rumah. Menghabiskan waktu di tempat sauna bersama warga setempat adalah pengalaman wajib saat berkunjung ke negara ini.

Foto: Pexels

Kompetisi Gendong Istri

Kompetisi yang digelar setiap musim panas ini tak pernah sepi pengunjung. Acara yang juga menjadi bagian dari tradisi warga Finlandia ini menyajikan lomba suami menggendong istri dan pemenangnya mendapat hadiah bir seberat tubuh istri. Mungkin inilah kunci bahagia dari rakyat Finlandia! Selain itu hiburan lainnya adalah parade traktor, pertunjukan musik, bazar makanan dan lain-lain.

TRENDING:  Kangen Liburan? Kunjungi 5 Penginapan Eksklusif Rekomendasi Booking.com

 

Tempat Paling Aman di Dunia

Finlandia juga merupakan salah satu negara dengan tingkat kriminal terendah di dunia. Kondisi ini membuat warga setempat dengan bebas bisa bersenang-senang di tempat umum tanpa khawatir tindak kriminal, termasuk juga demonstrasi yang berjilid-jilid. Jadi, rasanya memang tepat kalau Finlandia terpilih sebagai negara dengan warga paling happy.

Foto: Pixabay

Lanskap Magis

Sepertinya kunci bahagia orang Finlandia terletak pada mudahnya akses setiap orang untuk langsung menikmati pemandangan alam yang spektakuler tanpa dipungut bayaran apapun. Bisa dibilang hamparan pegunungan dan danau bisa dinikmati di hampir semua penjuru kota-kotanya. 

TRENDING:  Mulai Dilirik Turis, ini 7 Alasan untuk Jatuh Cinta dengan Kosovo
Photo by Olivier Darny from Pexels

Rumah Para Petualang

Finlandia tercatat memiliki sekitar 70.000 pulau – jauh diatas 13.000 pulau – yang bebas dijelajahi dan 188.000 danau termasuk Danau Saimaa seluas 1.700 mil persegi yang juga merupakan rumah dari hewan langka, anjing laut Saimaa. Undang-undang negara ini juga membolehkan warganya untuk bebas mendirikan tenda dimanapun juga asalkan tidak merusak lingkungan sekitarnya.

TRENDING:  7 Keunikan Dubai untuk Agenda Traveling Berikutnya

 

Photo by Olivier Darny from Pexels

Arsitektur Menawan

Finlandia juga punya gedung-gedung modern yang cantik dan dibuat dari bahan alami. Arsitek tersohor dari negeri ini Alvar Aalto telah banyak menorehkan karyanya di pusat-pusat kota berupa bangunan-bangunan bergaya kontemporer yang minimalis dan fotogenik.

Photo by Christian Robinson from Pexels

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles