Now Reading:

7 Fakta Menarik Bosnia yang Jarang Diketahui Turis

Berwisata sebetulnya adalah mengikuti pelajaran di kelas terbuka. Traveling secara sadar atau tidak telah mengajarkan pejalan untuk mengenal budaya, alam, cara pandang dan nilai-nilai yang berbeda, termasuk saat mengunjungi Bosnia.

Pernah dilanda konflik di awal 1990-an, negeri yang berangsur pulih dari luka ini pelan-pelan menjelma menjadi salah satu destinasi impian para pejalan global. Fakta-fakta menarik terkait Bosnia pun mulai dikenal para turis dan siapa tahu bisa menginspirasi pejalan lain untuk mengunjungi negeri yang pernah populer dengan “Perang Bosnia” ini.

Piramida Terbesar dan Tertua
Ada di manakah piramida terbesar di dunia? Mesir? Indonesia? Arkeolog Bosnia Dr. Semir Osmanagic berpendapat bahwa kemungkinan besar bangunan piramid terbesar di dunia berada di sebuah kota kecil tak jauh dari Sarajevo bernama Visoko. Di sinilah terbentang lima buah bukit yang diklaim ternyata adalah sebuah piramida raksasa berumur 30.000 tahun. Meski dibantah dunia sains, konon sang arkeolog ini punya sederet bukti meyakinkan.

View this post on Instagram

A post shared by Beautiful Bosnia (@beautiful.bosnia) on


Traveler’s Choice:
11 Tempat Wajib Kunjung di Central Market Kuala Lumpur
Wajib Tahu! 8 Hal Penting Sebelum Naik Kereta di Jepang


Yerusalem-nya Eropa
Usai konflik tahun 1990-an, Sarajevo adalah satu-satunya kota di Eropa yang memiliki masjid, gereja Katolik dan Ortodoks, serta sinagog dalam satu kawasan terpadu. Turis dapat mengunjungi semuanya dengan hanya jalan kaki saja. Sarajevo juga dinilai memiliki toleransi beragama yang tinggi.

View this post on Instagram

A post shared by Sarajevo (@sarajevo_beautiful) on

Kontradiksi Bendera
Sebelum pecah konflik, Bosnia memiliki bendera dengan rupa enam bunga lili berwarna kuning dengan latar tameng biru. Bendera ini sekaligus simbol pengaruh zaman kerajaan pra-Islam abad 14 dan sejak itu bendera ini digunakan untuk mewakili jati diri warga Bosnia dan Bosniak (kaum Muslim). Namun sebetulnya bunga lili identik dengan kaum Kristiani dan tentu saja ini menjadi tak lazim mengingat mayoritas warga Bosnia adalah Muslim. Meski saat ini bendera yang digunakan adalah bendera yang berbeda namun dalam momen tertentu seperti ajang sepak bola, bendera bunga lili masih sering dikibarkan.

View this post on Instagram

A post shared by ___bosn1a____. (@___bosn1a___) on


Editor’s Choice:
8 Kota Unik di Jalur Kereta Trans Siberia
7 Alasan Untuk Jatuh Cinta Pada Melbourne


Negeri Komunis Pertama yang Jadi Tuan Rumah Olimpiade Musim Dingin
1984 saat Bosnia masih menjadi bagian dari Yugoslavia, Sarajevo pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin. Ini sekaligus menjadikan Sarajevo sebagai kota komunis pertama yang menggelar acara olah raga akbar ini.

View this post on Instagram

A post shared by Escapementality (@escapementality) on

Masjid Pertama di Dunia yang Pakai Listrik
Selain populer menjadi masjid tertua, terbesar dan bersejarah, Masjid Gazi Husrev-bey yang dibangun abad-16 ini juga punya fakta lain, yaitu masjid pertama di dunia yang menggunakan tenaga listrik, Masjid ini pertama kali difasilitasi listrik pada 1898.

View this post on Instagram

A post shared by @parisprovince_ on

Pelopor Transportasi di Eropa
Saat Kerajaan Austro-Hungaria menguasai Sarajevo, banyak kebiasaan warga yang kemudian berubah. Pembangunan di Sarajevo dipercepat dan saat itulah transportasi trem pertama kali dikenalkan pada 1885 meski di zaman itu belum banyak kota di Eropa yang menggunakannya. Dan inilah yang menjadikan Sarajevo sebagai pelopor transportasi di Eropa.

View this post on Instagram

A post shared by Beautiful Bosnia (@beautiful.bosnia) on

Punya Hutan Hujan
Layaknya negara tropis, Bosnia juga memiliki hutan hujan. Berada di Perucicca, Bosnia Timur, Taman Nasional Sutjeska memiliki luas 1.400 hektar yang menjadi rumah bagi 170 spesies pohon dengan 1.000 jenis tanaman berbeda. Hutan yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO ini sudah berusia 20.000 tahun dan memiliki air terjun terkenal, Skakavac dengan tinggi 75 meter.

View this post on Instagram

A post shared by Beautiful Bosnia (@beautiful.bosnia) on

Facebook Comments
Share This Articles