Now Reading:

Dari Gunung Sampai Pusat Kota, ini 7 Tempat Sakral Aborigin di Australia

Dari 7,7 juta kilometer persegi luas benua Australia, warga Aborigin telah mendiami daratan tersebut selama lebih kurang 60.000 tahun lamanya.  banyak tempat-tempat yang dianggap keramat yang tetap lestari hingga kini. Sebagian tenggelam begitu saja popularitasnya, sisanya menjadi populer sebagai destinasi wisata.

Tujuh lokasi berikut ini bisa jadi agenda kunjungan ke Australia untuk mengenal lebih dekat kisah-kisah mistis rakyat setempat sekaligus menyambangi tanah keramatnya:



Uluru
Dijuluki ‘The Rock’ atau ‘Ayers Rock’,  ini adalah lokasi yang paling dianggap keramat oleh warga Aborigin sejak dulu hingga kini. Bukit batu merah ini telah menjadi tempat upacara adat selama 10.000 tahun dan komunitas lokal Anangu masih meyakini bahwa roh para leluhur masih mendiami tempat ini. Saking sakralnya, pemerintah setempat juga melarang siapa pun mendaki Uluru.

View this post on Instagram

A post shared by Australia (@australia) on


Birrarung Marr
Tempat keramat tak berarti harus di daerah terpencil di luar kota. Birrarung Marr justru berada di jantung keramaian Melbourne di sisi Sungai Yara. Tempat ini adalah lokasi penting untuk upacara orang Aborigin. Biasanya saat musim migrasi kawanan belut, kelompok Aborigin-Victoria berkumpul di sini untuk melakukan upacara adat bernama Tanderrum.

View this post on Instagram

A post shared by Nanette (@nanettewhite) on


Arnhem Land
Suku Yolngu selama lebih dari 60.000 tahun menganggap kawasan tak ternoda di Northern Territory ini sebagai rumah mereka. Selama puluhan ribu tahun itu pulalah tercipta cerita-cerita rakyat yang mistis termasuk kisah tentang perselisihan keluarga yang berakhir dengan terciptanya burung bangau dan emu.

View this post on Instagram

A post shared by Katie Conway (@ktconway26) on



Devil’s Pool
Alkisah seorang wanita muda bernama Oolana melarikan diri dari pernikahan yang tak ia inginkan dan lalu menghujamkan diri hingga tewas di kolam yang tertutup lubang ini. Konon setelah itu rohnya selalu menggoda setiap lelaki yang datang ke tempat ini untuk ikut terjun ke dalam kolam kuburan ini. Tercatat sejak 1959 kolam di dekat Cairns ini telah merenggut 17 nyawa. Di sisi lubang kolam pun terdapat simbol Aborigin yang bermakna seram, yaitu “Dia datang untuk berkunjung… dan tinggal selamanya.” Berani coba ke sini?

TRENDING:  5 Jalur Road Trip Seru di Australia

Black Mountain
Tempat ini sesungguhnya bernama Kalkajaka dalam bahasa Aborigin yang berarti ‘tempat tombak’. Bukit batu hitam di Queensland Utara ini punya empat situs keramat bagi orang Kuku Nyungkal, yaitu  Kambi (gua tempat ditemukannya rubah terbang), Julbanu (batu berbentuk kangguru), Birmba (sebutan untuk batu berbentuk kakatua), dan Yirrmbal (tempat tabu yang menyeramkan).

View this post on Instagram

A post shared by Dave Scotland (@davescotlanddigital) on


Grampians National Park
Lokasinya berjarak sekitar tiga jam berkendara dari Melbourne dan tempat ini menyimpan hampir 90 persen seni lukis batu Abroigin di seluruh Victoria. Tempat ini memiliki Brambuk Culturl Centre yang menyedikan berbagai informasi tentang budaya setempat. Dari sini pengunjung bisa menyusuri jalan untuk melihat langsung seni lukis batu cadas Grampians yang penuh warna.

View this post on Instagram

A post shared by Comet Wanders (@cometwanders) on


Wilpena Pound
Wilpena dalam bahasa Adnyamathanha berarti ‘tempat pertemuan’. Berdasarkan kisah Yura Muda, tempat ini tercipt dari dua ekor ular yang memakan banyak oraang sehingga tubuh mereka menjadi besar dan tidak bisa bergerak hingga akhirnya membentuk bukit dan rangakaian pegunungan yang luas. Tempat ini juga sekaligus merupakan amfiteater alami yang sudah tercipta 800 juta tahun lamanya.

View this post on Instagram

A post shared by Ð Δ ¥ N Δ (@daynzish) on

Gambar utama oleh Jacqueline Wales dari Pixabay

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles