Now Reading:

7 Fakta Unik Antoni Gaudi, si Perancang Sagrada Familia

Antoni Gaudi boleh jadi adalah santo pelindung Barcelona. Pasalnya, seniman dan arsitek surealis nyentrik ini punya banyak peninggalan ikonik di Barcelona. Kota ini seperti tak bisa lepas dari imaji Gaudi, terutama bangunan Sagrada Familia yang menjadi ikon dan kebanggaan bangsa Catalan.

Selama ini orang mengenal Antoni Gaudi sebagai otak di balik kemegahan dan kerumitan Sagrada Familia. Namun Gaudi sebetulnya lebih dari itu. Banyak orang tak mengenal sisi humanisnya yang unik, di antaranya seperti berikut ini:


Traveler’s Choice: 8 Tempat di Skotlandia ini Bagai Negeri Dongeng


Sering dikira pengemis hingga ajal
Popularitas Gaudi sebagai arsitek berbaanding terbalik dengan kehidupan pribadinya. Meski waktu muda ia sering tampil necis, namun di usia dewasa ia berubah. Kematian orang-orang terdekat dan masalah ekonomi membuatnya tak lagi memperhatikan mode dan tampil acak-acakan. Gaudi tertabrak trem dan sempat diabaikan begitu lama hingga akhirnya meninggal sebelum pendeta Sagrada Familia mengenalinya sebagai arsitek terkenal. Ia ditelantarkan karena dikira pengemis.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Basílica de la Sagrada Família (@basilicasagradafamilia) on


Dianggap murid bodoh di sekolah arsitektur
Mungkinkah orang-orang jenius selalu nampak bodoh saat duduk di bangku sekolah? Selain Albert Einstein ternyata hal ini juga berlaku bagi Antoni Gaudi. Kejeniusannya sebagai arsitek ternyata tak secerah prestasinya saat di sekolah arsitektur Barcelona. Ia kerap dianggap bodoh dan tak punya masa depan sebagai arsitek.


Traveler’s Choice: 7 Tempat Favorit Menikmati Gunung Fuji


Disukai Salvador Dali, dibenci Picasso

Karya-karya Gaudi memang out of the box. Ia membelokkan nalar manusia pada umumnya menuju imajinasi terliarnya dalam merancang sebuah bangunan. Dali dan Gaudia sama-sama tak tunduk pada aturan arsitektur tradisional dan menghindari rancangan garis lurus yang kaku.

Tapi terbalik dengan Picasso yang tak menyukai Gaudi. Picasso dengan aliran tradisional dan pakem garis lurus tak antusias dengan liarnya imaji Gaudi dan bahkan cenderung membencinya.

Saking bencinya, Picasso pernah sesumbar bahwa sebaiknya Gaudi dan Sagrada Familia masuk neraka.


Gaudi seorang vegan garis keras
Dulu sebelum tempe menjadi makanan vegan idola orang Barat seperti sekarang, Gaudi sudah memulai polamakan vegetariannya. Namun ini bukan karena ia peduli kesehatan, tapi karena ia peduli dengan hak binatang. Gaudi biasanya hanya menyantap selada yang dilumuri minyak zaitun dan kacang-kacangan serta menolak berbagai obat-obatan kimia. Sayangnya ini justru membawanya pada penyakit lain yang cukup serius.


Editor’s Choice: 7 Desain Masjid Instagenik di Malaysia


Aktivis politik
Layaknya pria Catalan, Gaudi yang lahir dan besar sebagai bangsa Catalan juga sangat bangga dengan bangsanya. Ia pernah disarankan untuk masuk di ranah politik namun menolaknya. Meski begitu, Gaudi tetap aktif terlibat dalam gerakan kemerdekaan Catalan termasuk demonstrasi yang mengakibatkan kerusuhan dan dirinya dipenjara.



Sagrada Familia adalah karya puncaknya
Tak ada pembangunan gereja dimanapun yang memakan waktu hingga 145 tahun. Sagrada Familia mulai dikerjakan pada 1882 dan direncanakan selesai pada 2027 itupun kalau tak ada halangan. Lalu, sehebat apa rancangannya hingga perlu waktu selama itu? Gaudi merancang interiornya seperti bentuk salib dengan nuansa seperti di dalam hutan. Ia juga melukiskan kisah-kisah Injil di semua sudut ruangan dengan menara-menara yang mewakili para rasul dan Bunda Maria. Penasaran? Kita tunggu saja 2027 nanti!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Basílica de la Sagrada Família (@basilicasagradafamilia) on


Awal karir Gaudi: merancang lampu jalanan
Gaudi tak hanya soal bangunan megah yang unik. Kalau biasanya turis mengarhkan tujuan ke Plaça de Catalunya, sebaiknya ganti tujuan ke Plaça Reial yang merupakan alun-alun dengan suasana yang hidup. Di sinilah Gaudi muda mengawali debutnya setelah lulus dari Barcelona Architectural School sebagai perancang lampu jalanan. Rasanya tak ada yang belum disentuh oleh rancangan Gaudi di Barcelona ini.


Gambar utama oleh Walkerssk dari Pixabay

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles