Now Reading:

Menikmati Seni dengan Teknologi Virtual di Art Moments Jakarta Online


Ada warna baru dalam menikmati pameran seni di Indonesia. Art Moments Jakarta yang sempat ditunda akibat pandemi akhirnya kembali merilis jadwal gelarannya yang kali ini akan menghadirkan teknologi virtual untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi. Art Moments Jakarta Online (AMJO) resmi digelar pada 1 Juni hingga 30 Juni 2021 dan pameran seni hybrid pertama di Indonesia ini dapat diakses melalui www.artmomentsjakarta.com, dan melalui aplikasi seluler Clamour.

“Selama pandemi, kami mencari jalan di mana pelanggan dan mitra kami tetap dapat berinteraksi. Platform virtual menjadi jawaban untuk mengakomodir keperluan tersebut,” ujar Leo Silitonga, Founder and Art Director of Art Moments Jakarta pada sesi jumpa media secara virtual pada 20 Mei 2021.

Art Moments Jakarta juga akan menyelenggarakan Art Conversations untuk membahas topik-topik seperti Seni dan Kesehatan Mental, Seni dan Investasi dan juga topik Crypto Art yang tengah hangat dibahas.

Para pembicara, seniman dan kurator di sesi jumpa media virtual.


Offline dan Online
Dimulai pada 20 Mei 2021 di Art: 1 di Kemayoran, Jakarta, Art Moments Jakarta akan menyelenggarakan acara offline yang menampilkan koleksi permanen yang dipilih oleh kurator profesional, serta program pameran yang berfokus pada seniman muda terpilih. Art:1 merepresentasikan Yawara Oky Rahmawati dan karyanya yang bertemakan cerita tentang gambar anak dan ingatan manusia dewasa. Yawara menggunakan metode apropriasi untuk meminjam cara kerja serta visual gambar anak untuk dimaknai ulang dengan permasalahan hari ini.

TRENDING:  Mencerahkan Diri di Rupadhatu, Amanjiwo

Di antara galeri seni terkemuka yang berpartisipasi pada Art Moments Jakarta Online adalah Chan+Hori Contemporary, spesialis kuratorial seni kontemporer yang berasal asal Singapura. Sejak Maret 2020 Chan+Hori telah berevolusi menjadi layanan kuratorial, manajemen seni, dan penasihat seni yang menaungi seniman dari sekitar Asia.

Chan+Hori Contemporary merepresentasikan seniman Jay Ho, seniman asal Singapura. Karya seni Jay Ho mengemukakan eksplorasi ruang, warna, dan cahaya untuk mengkomunikasikan suatu hasrat. Sedangkan Lawangwangi Creative Space yang dinaungi oleh ArtSociates turut menampilkan karya dari seniman kenamaan Indonesia, Eddy Susanto. Creative space yang berlokasi di Bandung tersebut menampilkan karya-karya Eddy Susanto yang berakar dari penelitian pada berbagai unsur sejarah yang kemudian menampilkan identitas budaya Jawa.

Karya Agus Saputra. (Foto: Art Moments Jakarta)


Adapun seniman independen yang turut berpartisipasi dalam Art Moments Jakarta Online adalah Mira Hoeng, seniman di balik Miwa Patterns. Mira Hoeng memulai kariernya sebagai assistant product development manager di The Walt Disney Company Southeast Asia. Lulusan LaSalle College of the Arts Singapore ini meninggalkan kariernya di raksasa animasi tersebut untuk merintis usahanya sendiri, MIWA Pattern. Mengambil inspirasi dari berbagai perjalanan spiritual pribadinya, Mira Hoeng terus berkarya dan mencurahkan segala pengalaman intrinsiknya di dalam setiap karya seni tekstilnya.

TRENDING:  Instaworthy!, ini Mural-Mural Ikonik di Tembok Berlin

Art Moments Jakarta juga mengikutsertakan karya “53 never forgotten” NFT-art karya Ruanth dan Cindy Thijssen – sebuah penghormatan kepada 53 anggota awak dari KRI Nanggala meninggal, dan 53 keluarga yang terus melanjutkan hidup mereka. Lulus dari Royal College of Art, National Film & Television School, United Kingdom, Ruanth Chrisley Thyssen telah menerima satu nominasi Oscar dan dua nominasi BAFTA Sound Designer. Saat ini Cindy Thyssen juga menjadi influencer kecantikan dan gaya hidup.

 

Menggandeng Platform Seni
Tahun ini, Art Moments Jakarta Online juga bekerjasama dengan Clamour, platform seni dan teknologi seni yang berfokus pada pasar Cina dan Asia Tenggara. Aplikasi Clamour dilengkapi dengan blockchain yang memberikan opsi cryptocurrency, yang sejalan dengan sorotan Art Moments Jakarta pada subjek Non-Fungible Token (NFT).

TRENDING:  Memaknai "Simbol" dengan Lebih Intim di Art Moments Jakarta

Aplikasi ini akan menampilkan berbagai karya seni terpilih yang berbeda dengan yang ditampilkan di website Art Moments Jakarta, bersamaan dengan pameran online virtual reality selama berlangsungnya hybrid art fair. Pameran seni hybrid juga didukung oleh Tezos, jaringan blockchain open-source terdesentralisasi yang dapat menjalankan transaksi peer-to-peer.

 

 

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles