Now Reading:

Art Moments Jakarta, Kini Makin Milenial

Art Moments Jakarta (AMJ) 2020 akan digelar pada 17 hingga 20 April 2020 dan Sheraton Grand Gandaria City kembali akan jadi tuan rumah. Dalam perhelatan tahun ini, temanya adalah “Yesterday Since Tomorrow” yang menurut Khai Hori, Artistic Director Art Moments Jakarta 2020, bermakna “hari ini”.



“Pameran ini mengingatkan kita bahwa kita harus bisa memanfaatkan momen pada hari ini,” ujar Khai Hori pada sesi Jumpa Media di Sheraton Grand Gandaria City, Selasa (11/2/2020).

Sementara Leo Silitonga, Founder and Fair Director Art Moments Jakarta 2020 memaparkan bahwa kali ini AMJ 2020 berniat untuk memperluas segmen dengan menggaet kaum milenial. Acara ini adalah gabungan dan perpaduan dari berbagai kalangan; seperti generasi muda, generasi yang sedang berkembang, generasi mapan, tradisional dan kontemporer.

Dibanding pada 2019, tahun ini AMJ 2020 akan mengalami perluasan area, yaitu dengan tambahan ballroom yang ada di area mal Gandaria City. “Tahun ini targetnya 20.000 pengunjung”, tegas Leo.

 

Merayakan Seni
Berbeda dengan pameran seni lainnya, AMJ 2020 tak memberi segregasi dan batasan untuk kategori pameran. “Jadi nggak ada yang namanya area khusus fine art, khusus modern art, kontemporer. Biar semua pengunjung bisa menikmati semuanya,” jelas Leo.

TRENDING:  Buka Puasa di Rumah Bersama Wyndham Casablanca


Tahun ini sudah terdaftar 50 galeri dari Indonesia dan negara-negara tetangga yang berkomitmen untuk turut serta dalam perayaan seni ini. 50 persen berasal dari Indonesia dan sisanya dari luar negeri. Menurut Leo Silitonga, jumlah ini masih bisa bertambah mengingat beberapa galeri sedang dalam proses untuk kepastian turut serta dalam pameran ini.

Beberapa galeri terkemuka dengan koleksi terbaiknya yang bakal hadir adalah Whitestone Gallery yang berbasis di Tokyo, Hong Kong dan Taipei dengan karya dari Yayoi Kusama, Yoshitomo Nara, dan kelompok Gutai; dan Aureo Gallery yang berbasis di Kuala Lumpur dengan karya seniman dari Korea Selatan, Kim Il Tae yang melukis di atas kanvas berlapis emas 24 karat dan lukisannya sudah dikoleksi oleh Pangeran Michael Kent dari Keluarga Kerajaan Inggris dan selebriti Korea, Psy.


Khai Hori, Leo Silitonga, Rizki Zaelani, Vito Wira, Mochtar Sarman. Foto oleh: Prefinite Communications


Dari Indonesia, Lawangwangi Art Gallery yang berbasis di Bandung akan menampilkan karya-karya abstrak dari Gregorius Sidharta dan seniman muda, seperti Mujahidin Nurahman, Erwin Windu Pranata, Gabriel Aries Setiadi dan Rendi Raka Pramoedya.

TRENDING:  Buat para Meat Lovers: Pesta Steik di Sudestada Jakarta

AMJ 2020 juga akan menggekar banyak sesi menarik, seperti Intimate Moments, berupa pertemuan pribadi di kamar hotel Sheraton Grand Gandaria City dengan para seniman pilihan; Converse Moments, yaitu diskusi dengan para seniman, kurator, produser film dengan suasana santai; Prized Moments, yaitu penghargaan untuk 5 orang seniman muda berusia di bawah 30 tahun; dan Maker Moments, di mana pengunjung bisa mengikuti workshop berbagai aktivitas seni termasuk belajar membuat sneakers.



Buat Milenial
Leo Silitonga, penggagas AMJ berkomitmen untuk menggaet kaum milenial pada acara tahun ini. Salah satu bukti komitmennya adalah dengan berkolaborasi dengan Jakarta Sneaker Day yang sedang banyak digandrungi milenial.

Selain itu, karya-karya dari Mochtar Sarman yang terkenal dengan konsep perpaduan seni futuristik dan tradisional juga diprediksi bakal banyak menyita perhatian milenial. Karya terbarunya bertajuk “Victory” menggambarkan sosok Napoleon Bonaparte yang dilukis dengan sentuhan industrial pop-style painting dan cara terbaik menikmatinya adalah dengan kacamata 3D.

“Napoleonnya pakai sneakers Air Jordan. Ini juga ada maknanya,” terang Mochtar pada sesi Jumpa Media.

Khai Hori juga menjelaskan bahwa AMJ tak semata soal seni. “Ini juga sial isu-isu dunia masa kini, seperti jenjang kesejahteraan, jenis kelamin, budaya, perubahan iklim dan tanggungjawab pada lingkungan yang kami kemas menarik,” tutup Khai.

TRENDING:  KAUM Jakarta Punya Menu Baru dari Siak, Riau

 

Jadwal pameran Art Moments Jakarta 2020
Jumat, 17 April, 2020, 11.00 – 14.00 WIB, VIP Preview
Jumat, 17 April, 2020, 14.00 – 21.00 WIB, Vernissage
Sabtu, 18 April, 2020, 10.00 – 21.00 WIB, Terbuka untuk umum
Minggu, 19 April, 2020, 10.00 – 21.00 WIB, Terbuka untuk umum
Pembelian tiket secara online melalui Kiostix.com & pembayaran dapat menggunakan aplikasi OVO
Early Bird (17 Feb – 10 Apr 2020)
1 hari – Rp. 40,000
2 hari – Rp. 75,000
Reguler dan On the Spot (11 – 19 April 2020)
1 hari – Rp, 50,000
2 hari – Rp. 90,000

 

 

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles