Now Reading:

Cheers! Aberfeldy Awali Debutnya di Indonesia


Aberfeldy – Sebuah terobosan baru dari Aberfeldy Single Malt Scotch Whisky, wiski yang dikenal dengan sebutan Golden Dram di seluruh dunia, baru saja memulai debutnya di Indonesia. Langkah awalnya ditandai dengan digelarnya jamuan makan malam pada 10 hingga 12 November 2022 di Lobo Italian Bistro di The Ritz-Carlton, Jakarta Mega Kuningan bersama media, pelaku industri kuliner dan pecinta minuman spirit.

Menawarkan tiga jenis koleksi andalannya, yaitu 12-Year-Old, 16-Year-Old dan 21-Year-Old, dalam jamuan ini Aberfeldy juga melakukan pairing dengan beberapa menu dari Lobo Italian Bistro.

Seared Foie Gras with Caramelized Onions and Fres Fifgs dan Squid Ink Lobster Ravioli with Manchego Cheese Sauce dihidangkan dengan pairing Aberfeldy 12-Year-Old yang lebih ringan dengan rasa rempah yang memberi kesan segar setelah menyantap hidangan.

aberfeldy

Aberfeldy 12-Year-Old, Aberfeldy 16-Year-Old, Aberfeldy 21 Year-Old

Kemudian Tenderloin with Aberfeldy Glaze and Garlic Mashed Potatoes disandingkan dengan Aberfeldy 16-Year-Old yang aromanya terasa lebih kuat dan memiliki perpaduan rasa jeruk, madu dan sedikit rasa cokelat di bagian akhir.

Sedangkan Aberfeldy 21-Year-Old disandingkan dengan sajian penutup berupa Aberfeldy Tiramisu. Rasa manis dari sajian penutup diimbangi dengan aroma yang cukup kuat dari kelapa, kayu ek dan sedikit sentuhan smokey di bagian akhir.

TRENDING:  Kolaborasi Glenfiddich, Inspirasi Baru Generasi Pembuat Perubahan

Dari Skotlandia ke Indonesia

Aberfeldy Distillery didirikan oleh John Dewar & Sons, Ltd. pada 1898. Bermarkas di pinggiran kota Aberfeldy, Skotlandia di hulu Sungai Tay, wiski Aberfeldy mendapatkan pasokan air yang kaya kandungan emasnya dari Pitilie Burn dan mengaliri Sungai Tay yang membujur di sepanjang fasilitas penyulingan.

Lokasi Aberfeldy yang terletak di Central Highland yang jauh dari pesisir serta memiliki iklim yang lebih lembap untuk membuat single malt Aberfeldy yang memiliki sedikit cita rasa buah yang lembut dengan karakter madu yang kuat. Karakter madu ini yang menjadi karakter utama produk-produk Aberfeldy.

“Air dari Pitilie Burn yang kami gunakan untuk membuat wiski memiliki kandungan emas, oleh karena itu kami menyebutnya Golden Dram.”

Stephanie Macleod, John Dewar & Sons Ltd. Master Blender dan Malt Master.

“Saat orang mencicipi Aberfeldy untuk pertama kalinya, mereka benar-benar terbuai karena begitu banyak elemen yang bisa diceritakan dari wiski tersebut,” terang Stephanie.

TRENDING:  Lebih Dekat dengan Kuliner Hong Kong, Rumah Gastronomi Asia

aberfeldy

Kehadiran Aberfeldy di Indonesia, khususnya Jakarta memang sudah dinantikan para pecinta minuman spirit. Keyakinan ini ditegaskan juga oleh Navin Wazir, Country Manager Bacardi Indonesia, “Kami sangat senang akhirnya kami bisa menunjukkan Aberfeldy ke Indonesia. Aberfeldy adalah sebuah wiski spesial dengan sejarah yang panjang. Kami percaya koleksi single malt akan sangat cocok dengan gaya hidup di Indonesia.”

Samakin Lama Semakin Baik

Setiap koleksi dari Aberfeldy Single Malt Scotch Whisky disuling menggunakan tangki tembaga Alembic buatan Forsyths di Skotlandia. Bahan utamanya tembaga diperuntukkan sebagai alat untuk membantu Aberfeldy menghasilkan wiski klasik khas Highland dengan cita rasa yang fruity.

Aberfeldy diproses menggunakan drum yang terbuat dari kayu ek terbaik untuk mematangkan produknya agar bisa mencapai level kematangan yang diinginkan. Wiski akan dibiarkan tersimpan dengan sempurna hingga dinyatakan siap oleh Malt Master, Stephanie Macleod. Semakin lama proses fermentasinya, cita rasa madunya akan semakin kuat.

aberfeldy

Agung Satria, Trade Ambassador Bacardi-Martini Indonesia

Aberfeldy 12-Year-Old disimpan selama 12 tahun di tong kayu ek buatan tangan. Mengangkat cita rasa berupa rempah, anggur, sirop vanila dan fudge serta sedikit kesan smokey di akhir, wiski ini diracik untuk mereka yang mau menikmati wiski secara perlahan untuk menemani quality time.

Aberfeldy 16-Year-Old disimpan selama 16 tahun di tong kayu ek buatan tangan dan melalui tahapan pematangan di tong sherry Oloroso sebelum dikemas untuk menghasilkan rasa fruity alami serta cita rasa wiski yang lebih lengkap, yaitu madu, jeruk, cengkih dan sedikit sentuhan cokelat yang lembut di bagian akhir.

TRENDING:  Berhenti Sejenak di SIWA Cliffs Lombok

Sementara Aberfeldy 21-Year-Old dimatangkan selama 21 tahun dengan kombinasi tong kayu bekas Sherry dan Bourbon. Prosesnya yang memakan waktu lebih dari dua dekade telah menambahkan cita rasa unik yang tak terlalu dominan yang muncul akibat reaksi dengan kayu.

Aberfeldy Single Malt Scotch Whisky dapat dinikmati secara langsung, dengan memakai es batu, atau digunakan sebagai bahan utama dari koktail.

POPULAR

Share This Articles