Now Reading:

Destinasi Liburan Family-Friendly di Singapura


Singapura memang belum membuka perbatasan untuk kunjungan wisatawan. Namun, pemerintah setempat senantiasa menyiapkan banyak hal untuk menyambut wisatawan bila kondisi sudah membaik. Beberapa destinasi ramah keluarga berikut ini bisa diagendakan bila nanti kunjungan sudah global sudah diizinkan.


 

Dempsey, Area dengan Beragam Sport & Wellness Tourism di Singapura
Dempsey terletak di Central Singapore. Nama daerah ini diambil dari nama Sir Miles Christopher Dempsey, jenderal yang disegani dengan karir militer yang gemilang. Kontribusinya terhadap negara membuatnya diabadikan menjadi nama jalan dan bukit. Meskipun terletak sedikit di luar jantung  kota Singapura, Dempsey sangat mudah dijangkau dengan MRT, terutama karena Dhoby Gaut MRT Station di kawasan ini merupakan pusat transit MRT dari North-South, North-East, dan Circle Line.

Dempsey merupakan salah satu daerah yang dapat menjadi pilihan keluarga yang menyukai gaya hidup sehat dan aktif. Rekomendasi tempat-tempat di Dempsey yang sayang untuk dilewatkan bila Anda berlibur di Singapura adalah:

Open Farm Community– Restoran berkonsep from farm to table
Restoran ini menyuguhkan beragam menu lezat dan sehat yang bahan-bahannya diambil dari kebun maupun petani lokal. Selain menjaga kualitas bahan baku, Open Farm Community juga mengusung konsep ramah lingkungan dengan mereduksi penggunaan plastik, menghemat penggunaan listrik dan air. (Open Farm Community, 130E Minden Rd, Singapura 248819, http://www.openfarmcommunity.com/)

Core Collective dan The Yard – Sarana olahraga dan collective sporting activities yang cocok untuk long staycation
Tren liburan yang minim petualangan alias staycation semakin marak. Kelompok wisatawan yang menggemari staycation merasa lebih aman jika tinggal lebih lama di suatu tempat untuk meminimalisir kontak di keramaian, terutama stasiun ataupun bandara.

Di Dempsey, ada dua pusat kebugaran yang bernama Core Collective dan The Yard, yang dapat memenuhi kebutuhan untuk tetap bugar selama  di Singapura. Sesuai namanya, Core Collective memberi opsi untuk “olahraga bareng” lewat group fitness, yoga, pilates, body pump, dan sebagainya. Selain itu, ada juga studio The Yard yang membuka kelas-kelas gymnastics dan trampolin untuk anak usia 5-10 tahun. The Yard juga menyediakan fasilitas gym untuk orang dewasa. (Core Collective, 27A, 30B/C Loewen Rd, Singapura 248839, https://corecollective.sg/, The Yard, 72 Loewen Road Dempsey Hill Singapura 248848, https://www.theyard.sg/)

TRENDING:  Super Mewah! 4 Fitur Baru yang Disiapkan Singapore Airlines di Bandara Changi

Huber’s Bistro – Restoran dengan arena bermain outdoor untuk anak.
Huber’s Bistro adalah toko daging yang juga membuka restoran bernuansa dominan kaca. Di sini bisa menikmati aneka steik dan olahan daging sambil membebaskan anak berkeliling area toko yang mendapat penghargaan Singapore’s Prestigious Brand pada 2017 ini. Huber’s juga menyediakan area bermain anak yang terletak di luar ruangan. (Huber’s Bistro, 22 Dempsey Road, Singapura 249679, https://www.hubers.com.sg/)

 

Pantai dengan Beragam Fasilitas di Pasir Ris
Pasir Ris telah dikenal sejak 1844 saat John Thompson, seorang surveyor pertanahan, datang ke tempat ini. Pasir Ris diyakini berasal dari kata “pasir” dan “hiris” yang berarti pantai berpasir. Secara geografis, lokasi Pasir Ris ini ibarat “bertetangga” dengan Changi Airport. Jadi bisa saja merencanakan petualangan ke Pasir Ris sesaat setelah tiba di Singapura atau sebelum kembali ke Tanah Air. Seperti banyak lokasi lainnya di Singapura, Pasir Ris sangat mudah dijangkau dengan moda transportasi bus maupun MRT.

Berikut adalah rekomendasi spot wisata di Pasir Ris:

Pasir Ris Park– Mulai dari pantai, taman, area bermain, hingga hutan bakau
Pasir Ris Park menempati area lebih dari 70 hektar yang mencakup bibir pantai dan hutan bakau. Semua orang bisa mengakses taman ini tanpa dipungut biaya. Di sini bisa membiarkan anak-anak bermain pasir sepuasnya dan menikmati udara segar sembari menggunakan fasilitas permainan seperti ayunan, luncuran, dan sebagainya.

TRENDING:  Hotel Baru di Singapura: Duxton Reserve Singapore

Pasir Ris Park, Singapura. Foto: Singapore Tourism Board


Wild Wild Wet– Main air di salah satu taman air terbesar di Singapura
Mengambil nama dari plesetan judul film Hollywood, Wild Wild Wet menyediakan pengalaman main air dengan berbagai wahana yang fun. Di 2020, taman air terbesar di Singapura ini meraih penghargaan Travellers Choice dari Travel Advisor. Wild Wild Wet juga menyediakan paket Cabana Bundle, wahana terbaru berupa tenda modern yang dilengkapi sofa untuk acara kumpul keluarga di area taman air. Wild Wild Wet sudah mengantongi sertifikasi SG Clean.

Adventure Paddlers– Belajar olahraga wake boarding dan menyusuri hutan bakau di Pulau Ubin
Bila suka petualangan di alam bebas, cobalah Trail of Natures yang ditawarkan oleh Adventure Paddlers di Pulau Ubin. Pulau Ubin sendiri letaknya tidak jauh dari Pasir Ris. Selain itu juga bisa mempelajari olahraga wake boarding.

 

Bertualangan di Sungai Alami dan Mancing di Choa Chu Kang
Choa Chu Kang adalah satu dari beberapa neighbourhoods di Singapura yang menawarkan wisata alam. Choa Chu adalah istilah untuk kepala perkebunan zaman dulu kala di area ini, sedangkan Kang artinya sungai – dari dua unsur nama itulah daerah ini dikenal sebagai Choa Chu Kang yang sekarang.

Menikmati alam di Sungei Buloh
Kunjungi konservasi alam Sungei Buloh. ASEAN Heritage Park pertama di Singapura ini luasnya 202 hektar yang terdiri dari daratan, hutan bakau, waduk, dan sungai serta merupakan rumah bagi berbagai burung yang bermigrasi pada September hingga Maret. Berbagai fauna seperti berang-berang, kadal, kepiting, dan ular air juga dapat ditemui di Sungei Buloh.

TRENDING:  Rekomendasi para Foodie: Restoran-Restoran Award Winning di Singapura

Konservasi alam Sungei Buloh. Foto: Singapore Tourism Board


Jajan Ala Penduduk Lokal di Surganya Hawkers Centre Seputar Hougang
Hawkers centre adalah istilah lain dari food court, pusat jajan serba ada ala penduduk lokal. Banyak makanan enak dari Singapura yang mendunia dari sini. Sekelas lembaga pemeringkat Michelin bahkan memberi pengakuan ke beberapa hawkers centre di Negeri Singa. Pada 16 Desember 2020, UNESCO mengakui hawkers culture sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda.

Ci Yuan Hawker Centre bisa menjadi salah satu pilihan. Pastikan kuat berkeliling, karena Ci Yuan memiliki 40 kedai dan 600 lebih tempat duduk. Yong tau foo, sup ikan, dan omelet tiram adalah tiga di antara banyak pilihan makanan enak lainnya. Kedai lain yang digemari para foodies adalah bubur Sing Heng Kee yang dimasak ala Cantonese.

Muslim traveler, jangan khawatir karena ada beberapa restoran halal di Hougang. Di antaranya kedai Qiji dan Chai Chee Nasi Lemak yang menyajikan nasi lemak, dan Al-Afsana serta Laila’s Kitchen yang menyediakan kuliner Timur Tengah. Sarana ibadah juga tersedia di distrik ini, tepatnya di Masjid Haji Yusoff.

 

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles