Now Reading:

Essaouira, Jejak Portugis di Maroko


Essaouira sekilas hanya sebuah kota kecil di pesisir Maroko. Dari Marrakesh, kota ini berjarak dua jam berkendara dan cukup banyak diiminati para turis karena suasananya yang diaggap berbeda.

Pada abad 16, Essaouira bernama Mogador, merunut budaya Portugis yang pertama kali membangun kota ini. Perpaduan Portugis – Maroko inilah yang kemudian menjadikan kota ini punya nuansa asimilasi yang menarik perhatian turis hingga para pecinta sejarah.


Advertisement


Raja Portugal D Manuel I membangun kota ini ada 1506 dengan konsep benteng (medina) megah yang masih lestari hingga kini. Medina ini adalah rumah dari hunian penduduk lokal yang berwarna putih dan biru di mana di sekitarya terdapat gang-gang sempit yang diramaikan anak-anak yang berlarian, pasar, seniman, kedai berwarna-warni dan dinamika warga lokal.

View this post on Instagram

A post shared by Morocco Vacations (@morocco.vacations) on

Medina ini juga memiliki anjungan benteng yang menghadap ke Samudera Atlantik. Di sinilah para turis menghabiskan waktu untuk berfoto dan menikmati matahari terbenam sambil diiringi deburan ombak yang memecah tembok benteng.

TRENDING:  7 Keunikan Dubai untuk Agenda Traveling Berikutnya

Traveler’s Choice: 7 Keunikan Dubai untuk Agenda Traveling Berikutnya


 

Dilirik Hollywood
Keunikan Essaouira tak hanya memikat turis. Para sineas Hllywood pun pernah melakukan syuting film-film populer di sini. Film Othello (1951) karya Orson Welles sempat mengambil gambar medina ini sebagai adegan pembuka yang indah. Bahkan serial Game of Thrones juga menjadikan kota ini sebagai salah satu latar filmnya, yaitu sebagai latar Kota Merah atau Astapor.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Special Morocco (@specialmorocco) on

Budaya dan kota yang tidak berubah selama berabad-abad inilah yang membuat Hollywood jatuh cinta pada Essaouira dan beberapa kali mengirimkan tim pembuat film ke kota sarat sejarah ini.

TRENDING:  Banyak Promo di "Santika Online Travel Fair"

Editor’s Choice: 7 Lanskap Ikonik Kebanggaan Warga Iran


Tempat-tempat indah
Beberapa atraksi favorit di kota ini adalah Skala du Port yang berada di dekat pelabuhan. Pengunjung bisa menyaksikan tembok laut yang kokoh, pemandangan medina dan kesibukan khas komunitas nelayan. Bila ingin berenang, pantai Tagharte terletak dekat dengan lokasi ini dan merupakan rekomendasi utama.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Morocco View Private Tours (@morocco_view_tours) on

Borj el Barmil adalah lokasi lain yang layak dikunjungi. Lokasi di tepi laut ini bisa dicapai dengan berjalan melewati pasar ikan yang sibuk dan rutinitas warga lokal yang dinamis sekaligus menikmati situs-situs bangunan bersejarah peninggalan bangsa Portugis.

TRENDING:  Samarkand, Surga Pecinta Arsitektur Islam

Advertisement


Gambar utama oleh Laszlo Wallner dari Pixabay

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles