Now Reading:

Estonia, Habitat Baru Kaum Digital Nomad


Meski tak populer dalam peta pariwisata global, Estonia punya langkah strategis dalam krisis karena pandemi dengan menerbitkan visa digital nomad. Dilansir dari situs lonelyplanet.com, langkah cerdas ini memungkinkan para pekerja digital nomaden bisa tinggal dan memulai usaha di Estonia sambil menjalankan bisnis mereka tanpa harus tatap muka.

Program buat para pekerja yang enggan terjebak dalam kubikel di kantor ini sekarang bisa diakses pendaftarannya melalui aplikasi. Namun ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi para pelamar visa, seperti kemampuan bekerja jarak jauh, memiliki klien yang sebagian besar di luar Estonia, bisnis yang terdaftar di luar negeri hingga bukti penghasilan sebagai pekerja lepas yang jumlahnya di atas UMR Estonia selama enam bulan berturut-turut.

View this post on Instagram

A post shared by Visit Estonia (@visitestonia) on

Program visa ini sebetulnya  bukanlah barang baru. Visa digital nomad sebetulnya sudah ditawarkan sejak 2014 dan sejak saat itu pula sudah ada sekitar 50.000 orang dari 157 negara yang kini memilikinya.

Visa digital nomaden ini memang ampuh sebagai langkah strategis jangka panjang yang mendorong pariwisata setempat. Para pekerja nomad akan membelanjakan penghasilannya pada usaha lokal dan terus produktif tanpa harus mengambil alih pekerjaan warga setempat.

Tertarik untuk hijrah ke Estonia sambil bekerja secara nomaden? Informasinya bisa dilihat di sini.

Gambar utama oleh Matthias Zeitler dari Pixabay

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles