Now Reading:

Jangan Lewatkan, 7 Festival Seru di Seoul

Korea Selatan adalah rumah bagi banyak festival. Memadukan unsur tradisional yang dilestarikan turun-temurun dengan budaya pop kekinian, warga Korea Selatan tampaknya ingin merayakan nyaris semua unsur kehidupan sehari-hari. Di Seoul sendiri festival-festival unik ini bisa dinikmati secara rutin tiap tahunnya.


Traveler’s Choice: Bikin Penasaran, ini 7 Kafe Unik di Seoul 


Festival Musim Semi Yongdeungpo Yeuido
Pastikan untuk tidak melewatkan festival ini! Kalau selama ini bunga Sakura identik dengan Jepang, maka seskali alihkan perjalanan ke Seoul di saat musim semi tiba. Jalan Yongdeungpo akan berubah menjadi romantis berkat bunga-bunga Sakura yang bermekaran di sisi jalannya. Berbagai serial drama Korea dan video klip K-Pop juga kerap mengambil momen ini untuk syuting..

View this post on Instagram

A post shared by Stas (@_stanislav_kim_) on

Lotus Lantern Festival
Fwstival meriah ini digelar untuk memperingati hari kelahiran Sang Buddha. Di hampir semua penjuru kota akan dihiasi lentera berwarna-warni dengan berbagai bentuk. Puncaknya akan digelar parade lentera mulai dari Gerbang Dongdaemun hingga Jogyesa Temple. Bagi warga lokal, ini adalah hari raya religi paling penting dalam setahun.

View this post on Instagram

A post shared by 연등회(Lotus Lantern Festival) (@lotuslanternfestival) on


Editor’s Choice: 9 Festival Wajib Tonton di Gangwon, Korea Selatan


Jungnang Rose Festival
Festival yang romantis ini akan menjadikan bunga mawar sebagai bintangnya. Warga setemat akan menghias banyak hal dengan bunga mawar termasuk membuat kuil dari bunga mawar. Parade bunga mawar juga akan digelar dengan meriah di pusat kota dengan menampilkan berbagai wahana berhias bunga mawar.

View this post on Instagram

A post shared by 김승명 (@ksmstar) on

Sinchon Watergun Festival
Saat musim panas tiba, iklim di Seoul akan menjadi sangat lembab dan panas. Namun warga Seoul tampaknya punya cara sendiri untuk mengatasi hawa panas ini sekaligus bersenang-senang. Mungkin terinspirasi Songkran di Thailand, di awal Juli biasanya warga Seoul akan berkumpul di Yonsei Street untuk saling adu tembak dengan senjata air. Agar lebih meriah biasanya hadir juga berbagai wahana air, seperti seluncuran dan kolam mini. Pentas DJ juga hadir untuk menambah keceriaan.

View this post on Instagram

A post shared by 2020 제 8회 신촌물총축제 (@sinchon_watergun_festival) on

Festival Budaya Go, Go Jongno
Datangnya musim gugur biasanya dirayakan warga Seoul dengan festival budaya untuk memperingati sejarah dan budaya para leluhur. Seoul akan dihiasi pernak-pernik berwarna merah, hijau, biru, dan kuning sebagai warna tradisional Korea. Kota ini akan mengajak semua orang untuk kembali ke masa lalu dengan sajian kuliner tradisional, musik, pentas budaya hingga kisah-kisah zaman kerajaan yang keramaiannya akan dipusatkan di sekitar Insa-dong dan Sungai Cheonggyecheon.

View this post on Instagram

A post shared by @gogojongno on


Traveler’s Choice: Trendi dengan Harga Terjangkau, ini 10 Hostel Nyaman di Korea Selatan


Seoul International Fireworks Festival
Tiap tahun, para seniman kembang api dari seluruh dunia akan berkumpul di Seoul untuk menggelar pesta kembang api paling meriah. Untuk menyaksikan pentas ini, warga Seoul tiap tahunnya selalu berkumpul di depan 63 City Building di Hangang Park sebagai pusat lokasi pagelaran pesta kembang api.

View this post on Instagram

A post shared by Korea Near & Far (@koreanearandfar) on

Festival Kimchi
Tak sekadar makanan, kimchi adalah salah satu bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari orang Korea. Makanan yang dibuat dari sayuran yang difermentasi dan saus pedas ini biasanya disiapkan dan disimpan di musim dingin, meskipun orang Korea biasa menyantap kimchi setiap hari sepanjang tahun. Pada awal November, warga Seoul biasanya menggelar prosesi ‘gimjang‘ yaitu sesi persiapan dalam proses pembuatan kimchi. Acara festival ini mengajak pengunjung untuk belajar membuat kimchi sekaligus sejarah dan filosofinya. Biasanya digelar di Seoul Plaza dan Gwanghamun Square.

View this post on Instagram

A post shared by Marvako (@marvako) on

Gambar utama oleh 지영 황 dari Pixabay

Facebook Comments

POPULAR

TRENDING:  Traveling ke Korea Makin Seru, Ada "Halal Restaurant Week Korea 2019"
Share This Articles