Now Reading:

Kreatif Ala Fotografer Ivan Mario Saat #DiRumahAja, Begini Caranya


Samsung Galaxy S20 Series (S20|S20+|20 Ultra) telah  diluncurkan secara resmi di Indonesia pada awal Maret lalu (4/3). Dengan terobosan fitur-fitur canggih, gawai ini juga mencuri perhatian banyak kalangan termasuk para fotografer.

Ivan Mario, fotografer dari Axioo pun turut merasakan kecanggihan fitur kamera Samsung S20 Ultra miliknya dan berbagi momen menarik dengan gawai teranyar keluaran Samsung tersebut saat harus #DiRumahAja.

Manfaatkan Video Resolusi Tinggi
Kemampuan merekam video dengan resolusi 8K memang menjadi salah satu daya tarik dari Samsung Galaxy S20 series bagi pengguna yang gemar mengabadikan momen lebih dari sekedar foto. Namun menurut Ivan Mario fitur resolusi 8K ini juga sangat berguna bagi seorang fotografer.

Fitur ini memungkinkan pengguna merekam momen dalam video berkualitas tinggi dan bisa disaksikan di televisi tanpa harus khawatir gambarnya buram. Kalau ada momen-momen di dalam video tersebut yang ingin dibagikan dalam bentuk foto, tinggal melakukan 8K Snap. Sebuah fitur cropping dan zoom yang dimiliki oleh Galaxy S20 series yang dapat mengcapture foto dari video 8K menjadi sebuah foto dengan kualitas 33MP.

Dengan kualitas sebesar ini juga akan lebih mudah untuk melakukan edit tanpa mengurangi ketajaman foto.



Tangkap Detail Terkecil
Kamera yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki . Bagi seorang fotografer dan pecinta foto, keuntungan memiliki kamera smartphone dengan kamera beresolusi  sebesar 108 MP adalah kualitas foto yang dihasilkan sangat tajam dan detail dengan kualitas yang setara dengan DSLR. Jadi, tidak perlu membawa kamera DSLR kemana-mana.

“Menurut saya, kamera dengan resolusi 108MP Galaxy S20 Ultra lebih dari sekedar angka. Saya senang sekali menguji kualitasnya ketika mengambil foto dengan kumpulan warna yang beragam dalam satu frame.” ujar Ivan.

Hasil foto juga tetap tajam bahkan dalam kanvas berukuran 1 meter sekalipun. Buat kami di Axioo foto-foto yang kami ambil juga seringkali perlu dicetak untuk klien kami, dan tentunya hasilnya harus maksimal dan sama dengan yang terlihat di kamera. S20 Ultra jadi bikin semua orang mampu mengabadikan momen mereka dan menampilkannya pada frame besar di sudut rumah mereka,” lanjut Ivan.



Ambil Banyak Momen Hanya dalam Sekali Jepretan
Untuk seorang pecinta foto kadang dihadapkan pada pilihan sulit dalam memilih mode pengambilan gambar yang tepat di sebuah momen berharga. Dengan fitur Single Take, tidak perlu khawatir lagi untuk memilih mode jepretan yang diinginkan untuk sebuah momen. Dengan sekali jepretan, pengguna dapat menghasilkan hingga 10 foto dan 4 video dengan style yang berbeda-beda.



Berekspresi dalam Gerakan Lebih Jauh Lagi
Salah satu tantangan dalam menggunakan smartphone sebagai perangkat fotografi tanpa perangkat tambahan seperti stabilizer/gimbal adalah video yang dihasilkan sering kali terlalu berguncang, terutama ketika kita mengambil video sambil bergerak.

Dengan fitur Super Steady 2.0 yang dimiliki oleh Galaxy S20 series, tidak perlu membawa perangkat tambahan untuk dapat mengambil momen-momen berharga saat bermain dan berlari-lari dengan anak-anak di rumah.

TRENDING:  Kamboja, Kantor Impian Para Digital Nomad

“Untuk mendapatkan hasil video yang lebih maksimal dan minim guncangan, sebelum melakukan pengambilan video, sebaiknya jika kita menentukan dulu pergerakan-pergerakan yang akan dilakukan untuk menghasilkan video yang lebih stabil dan terarah,” terang Ivan.

TRENDING:  HERE WeGo, Aplikasi Anti Nyasar dari Huawei


Foto Low Light Dramatis Lebih Mudah
Sekarang mengambil night-shot yang cantik dengan smartphone menjadi sangat mudah dengan hadirnya sensor yang lebih besar pada Galaxy S20 Ultra. Ivan membuktikan sendiri dengan mengambil gambar anak-anaknya ketika sedang bermain kembang api. Gambar yang dihasilkan dengan menggunakan fitur Bright Night menghasilkan gambar yang cerah dan tidak grainy tanpa menggunakan flash.

“S20 ini punya teknologi Nona Binning yang menggabungkan 9 pixel menjadi 1 pixel untuk hasil yang lebih vibrant, tanpa kehilangan detail dari sebuah gambar. Untuk mencapai gambar yang terang kita terpaksa mengunakan flash, namun seringkali bikin hasil foto tidak natural,” terang Ivan.

Facebook Comments
Share This Articles