Now Reading:

Hyogo, Penghasil Kulit Incaran Hermes


Banyak orang mengenal merek Hermes dengan harga yang membuat tercegang. Namun sedikit yang mengenal Hyogo, prefektur di Jepang yang menjadi salah satu alasan Hermes begitu diincar para selebriti dan sosialita.

Hyogo adalah sebuah prefektur dengan ibukotanya Kobe yang populer dengan daging sapi wagyunya. Kawasan ini dialiri Sungai Ichi yang meliuk-liuk melalui Kastil Himeji sebelum akhirnya tiba di tujuan akhirya, Laut Harima-Nada. Tapi sebelumnya, Sungai Ichi mengalir melalui Daisho, tempat pabrik kulit yang selama bertahun-tahun menjadi tulang punggung Hyogo memproduksi aksesoris berbahan kulit dan diandalkan dunia mode global.

View this post on Instagram

A post shared by k.hiroki (@nobutaro_69) on


Traveler’s Choice: 6 Lokasi Nyata yang Jadi Inspirasi Film-film Studio Ghibli


Menurut CEO-nya, Ogaki Masamichi, produksi kulit di Hyogo sudah berlangsung selama 1.500 tahun dan hampir selama itu pula dunia mode global selalu menantikan produk-produk baru dari Hyogo. Mau produk kulit berkualitas super? Ya datang saja ke Hyogo! Begitulah kira-kira maksud CEO yang merupakan generasi ketiga pemegang tampuk pimpinan di Daisho Leather Factory ini.

TRENDING:  Romantis dan Instagenik, ini 7 Taman Nasional Wajib Kunjung di Jepang

Resep rahasia Masamichi

Konon Masamichi menentang keras metode pengolahan kulit ala Eropa yang mengandalkan bahan kimia di pabriknya. Masamichi lebih memilih aliran Sungai Ichi (Ichikawa) yang menurutnya punya bahan alami yang ampuh menghasilkan produk kulit bermutu tinggi.

Masamichi meyakini Sungai Ichi adalah rumah bagi ekosistem bakteri unik yang merupakan kunci dari produksi kulit putih.

“Jepang mampu menghasilkan produk kulit putih, Eropa tidak bisa,” aku Masamichi seperti yang dilansir theculturetrip.com.


Editor’s Choice: Traveling ke Tokyo, Jangan Lupa Mampir di 5 Pasar Tradisional ini


Sementara produk kulit lainnya menggadang kulit sapi, Hyogo justru mengandalkan kulit kuda. Tapi bukan berarti mereka membudidayakan kuda untuk diambil kulitnya. Menurut Masamichi, kuda yang digunakan adalah jenis kuda pacu dan kuda tua. “Setelah kuda-kuda itu mati karena usia, kita ambil kulitnya,” terang Masamichi.

Lalu, apakah cuma kulit kuda yang diproduksi di Daisho? Masamichi mengakui bahwa kulit burung unta yang unik juga termasuk salah satu bahan kulit yang diolahnya menjadi produk fashion berkualitas, seperti casing smartphone atau dompet.

TRENDING:  5 Sepatu Sneakers Paling Populer di Jepang

Advertisement


Kini dikenal dunia
Lebh dari 1.000 tahun memproduksi kulit bukanlah hal mudah bagi pengrajin kulit di Hyogo. Namun konsistensi sebagai salah satu prinsip orang Jepang sepertinya sukses membawa Hyogo menjadi seperti sekarang.

Prefektur yang kurang dikenal turis ini sekarang jadi incaran para perancang dunia. Milan, Paris, Roma dan London sebagai kiblat fashion global sekarang banyak menggantungkan nasibnya pada Hyogo.

View this post on Instagram

A post shared by Hermès (@hermes) on


Traveler’s Choice: 5 Sepatu Sneakers Paling Populer di Jepang


Luis Vuitton dan Hermes adalah contoh kecil label fashion yang hingga kini setia menggunakan jasa Daisho untuk menyediakan kulit-kulit berkualitas.

“Banyak desainer Eropa ke sini dan inilah bagian terbaik dari pekerjaanku. Menunjukkan barang terbaru yang belum pernah ditunjukkan pada dunia,” aku Masamichi seperti dikutip theculturetrip.com.


Hyogo, tak cuma kulit

Apakah Hyogo hanya melulu soal peroduksi kulit? Tentu saja tidak! Daisho bisa dicapai dari Stasiun Osaka dengan kereta rute Tokaido-Sanyo menuju Nishi -Akashi dan turun di Stasiun Shin-Nagata. Perjalanan hanya butuh waktu 45 menit.

TRENDING:  Usai Keliling Tokyo, Segarkan Diri Dulu di Tempat-Tempat Onsen ini

Dari Daisho, sempatkan diri ke Akashi, kota tetangga yang tenteram dan berjarak 15 menit naik kereta. Akashi menjanjikan pemandangan Laut Seto yang mengagumkan dan kuliner Akashiyaki, semacam pangsit ala Osaka yang menjadi makanan khas di kota kecil ini dan konon menjadi cikal bakalnya Takoyaki.

Gambar utama Instagram @magicallymegmcguire

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles