Now Reading:

Ingin Liburan ke Jepang? Perhatikan 5 Hal Penting Berikut!


Menjelajah Negeri Sakura bisa jadi agak tricky. Pasalnya, negara ini memiliki budaya yang sangat berbeda dengan Indonesia sehingga rentan terjadi culture shock. Salah bertindak sedikit saja bisa-bisa malah merusak momen perjalanan Anda.

Namun, jangan terburu-buru berpikir negatif, apalagi sampai membatalkan wisata yang sudah direncanakan! Anda tetap bisa menikmati liburan ke Jepang dengan aman dan nyaman, asalkan memperhatikan lima hal penting berikut.

1. Jaringan Transportasi Rel

Berkunjung ke kota metropolitan seperti Tokyo? Siap-siap dibuat bingung dengan jaringan transportasi relnya yang super rumit! Jaringan kereta di Tokyo meliputi lebih dari 150 jalur, hampir sebanyak 50 operator, dan membentang nyaris sepanjang 5.000 kilometer. Meskipun begitu, sistem kereta di Jepang sangat jarang terjadi keterlambatan, bahkan hanya terbatas 2 hingga 3 menit.

2. Uang Tunai

Jepang memang terkenal dengan kemajuan teknologinya. Namun, negara ini masih “ketinggalan zaman” dalam urusan penggunaan uang. Hingga saat ini, banyak toko atau tempat makan di Jepang yang hanya menerima pembayaran tunai. Untuk transportasi publik seperti bus dan kereta jarak dekat pun, Anda harus tetap membawa uang tunai. Jadi, selalu berjaga-jaga membawa dana cash saat bepergian!

TRENDING:  Menikmati 6 Destinasi Wisata Alam di Jepang

3. Jalanan

Bisa jadi, Anda menganggap liburan ke Jepang akan lebih mudah dengan mengandalkan teknologi GPS di ponsel pintar. Namun, tahukah bahwa mencari alamat di negeri ini bisa sampai menguras energi, tenaga, dan pikiran? Itu karena alamat-alamt di Jepang tidak memiliki nama jalan. Negara ini masih menggunakan sistem kode pos yang dipakai bangsa Romawi Kuno. Terlebih, alamat mereka juga didasarkan pada bangunan saja, bukan ruang di antaranya, seperti jalan.

4. Makan di Luar

Setidaknya, ada satu tempat makan untuk setiap 40 orang di Osaka, kota terbesar kedua di Jepang. Tokyo pun tidak ketinggalan jauh. Masyarakat Jepang cenderung menyukai aktivitas makan di luar. Mereka bahkan bisa merekomendasikan restoran berdasarkan menu kuliner yang disajikan. Jadi, jika ingin tahu tempat makan yang bagus, tidak ada salahnya bertanya kepada orang lokal.

TRENDING:  7 Streetwear Ala Jepang, Bekal untuk Bergaya Saat Traveling

Photo by Angela Roma from Pexels


5. Etiket Makan

Sebelum berburu kuliner, pastikan Anda sudah tahu etiket makan yang berlaku di Jepang. Sebagai contoh, apabila berkunjung ke restoran tradisional, jangan lupa melepas alas kaki dan meletakkannya di loker dekat pintu masuk.

Kemudian, sebelum menyantap makanan, orang Jepang biasa mengucapkan “itadakimasu“, yang berarti apresiasi terhadap makanan. Akhiri aktivitas makan dengan kalimat “gochisousama deshita” sebagai ungkapan terima kasih atas hidangan yang telah dinikmati.

Itulah lima poin penting yang perlu diperhatikan sebelum berangkat liburan ke Jepang. Jika sudah memahami hal-hal di atas, mulai dari sistem transportasi, tata letak kota, etiket, sikap, hingga persiapan bujet, tentunya Anda bisa berlibur dengan lebih tenang dan nyaman.

TRENDING:  5 Sepatu Sneakers Paling Populer di Jepang

Berhubung sekarang masih di tengah pandemi, perjalanan ke Jepang memang belum bisa dilakukan. Namun, dengan adanya informasi ini, semoga bermanfaat sebagai referensi ketika kondisi perjalanan internasional telah membaik dan dibuka kembali.

Featured Photo by Sơn Bờm from Pexels

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles